Jelang Idul Fitri, Harga Barito Turun

0
131
MURAH: Harga barito di sejumlah pasar tradisional di Tobelo turun. Tampak salah satu kios di Pasar Rawajaya.(foto: Muhrid/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Biasanya, jelang hari besar keagamaan, sejumlah produk pertanian di pasar akan mengalami kenaikan. Namun, sepekan jelang Idul Fitri di sejumlah pasar tradisional malah menunjukkan tren penurunan harga.

Dari pantauan harga di beberapa pasar tradisional, untuk harga cabe sudah menyentuh angka Rp 50 ribu per kg. Sementara harga bawang merah Rp 45 ribu per kg, bawang putih Rp 45 ribu per kg. Padahal ketiga bumbu dapur ini selalu naik jika permintaan banyak.

“Saya ambil barito dari Manado. Mungkin stoknya banyak,” kata Rasidi, pedagang Halut asal Bugis di Pasar Rawajaya.

Harga yang sama terpantau di Pasar Modern Tobelo. Padahal sebelumnya, harga cabe terpantau Rp 50-60 ribu per kg. Demikian pula harga tomat dari Rp 15 ribu per kg kini turun menjadi Rp 10 ribu per kg. “Iya ada penurunan harga,”ujar Ifan Pararera, pedagang Barito di Pasar Modern.

Lain lagi dengan Ilon, pedagang barito lainnya. Dia mengaku menjual cabe keriting dengan harga Rp 30 ribu per kg, tomat dijual dengan harga Rp 8.000 per kg. “Kalau saya ambil barito ini dari Ternate. Untuk tomat saya ambil dari lokal Halut. Karena dekat, makanya harga turun,” ujarnya.

Selain akses transportasi dekat, Ilon mengaku untuk mendapatkan barito dari Ternate lebih gampang dibanding dari daerah lain seperti Manado. Di Ternate, lanjutnya, tidak perlu swab test. “Berbeda dengan Manado, sangat sulit pergi karena pandemic,” ucapnya.(tr-05/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here