Ajak Pemenang STQ Provinsi Siapkan Diri untuk STQ Nasional

0
33
Sekprov Malut Samsuddin A Kadir menyerahkan trofi juara umum kepada Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman. FOTO HUMAS PEMPROV MALUT

HARIANHALMAHERA.COM–Pelaksanaan Seleksi Tilwatil Quran (STQ) tingkat provinsi sudah selesai di gelar. Para peserta yang tampil sebagai juara pun sudah diketahui. Itu artinya, kompsisi kafilah Malut yang akan tampil di lomba STQ tingkat Nasional Oktober mendatang di Sofifi, sudah mulai tergambar.

Tuan rumah kini hanya punya waktu tiga bulan untuk menyiapkan sekaligus menggenjot utusan terbaik yang diseleksi lewat STQ Provinsi kemarin.

Gubernur Abdul Ghani Kasuba (AGK) yang diwakili Sekprov Malut Samsuddin A Kadir saat menutup pelaksanaan STQ ke XXVI yang berlangsung di Asrama Haji, Ternate menegaskan STQ tingkat Provinsi yang berlangsung selama empat hari ini merupakan agenda rutin guna menyeleksi, mempersiapkan, membina dan memantapkan kesiapan Malut menuju STQ nasional. ” Di tahun 2021 ini kita mendapat kehormatan di daulat sebagai tuan rumah STQ tingkat nasional yang ke 26.” Katanya.

Dia mengatakan peserta yang telah berjuang dan memberikan yang terbaik demi mengharumkan masing-masing daerah di STQ Provinsi ini, bahwa perjuangan belum selesai.

Mereka harus menyiapkan diri lebih baik lagi untuk tampil di STQ Nasional.

“Semoga semakin ditingkatkan lagi demi kembali berjuang di STQ Tingkat Nasional yang ke 26 di Sofifi dalam waktu dekat. Dan bagi yang belum meraih juara, janganlah berkecil hati karena sesungguhnya, peserta yang berlomba di STQ ini merupakan peserta terbaik,”kata Sekprov.

Mantan kepala Bappeda Malut itu menyampaikan, ivent ini bukan sekedar ajang kompetisi semata. Namun, hakekat dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan menjadi kesadaran bagi peningkatan komitmen umat, khususnya bagi generasi muda untuk membaca, memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alqur’an.

“Saya mengajak kita semua, mari bersama ikut mendukung dan mendoakan agar pelaksanaan STQ Tingkat Nasional ke 26 di Sofifi,” Ajak Sekprov

Sementara Wali Kota Ternate Tauhid Soleman dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah mengikuti lo,ba ini terutama dari Ternate yang telah keluar sebagai juara umum. “Semoga kita semua juga turut mendukung mensukseskan pelaksanaan STQ tingkat Nasional di Sofifi”. ucapnya.

Kepala Biro Kesra, Rahma Hasan alam laporannya menyebutkan para juara pada lomba ini akan melalui tahapan pelatihan atau training camp yang akan dilatih oleh pelatih dari pusat dan selanjutnya mewakili Malut di STQ tingkat Nasional.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Malut, Sarbin Sehe menuturkan, perlunya menambah gairah pengembangan TPQ untuk kembangkan secara bersama-sama.

“Seperti di Ternate ada perda baca tulis Alqur’an, di Tidore ada kota santri, Halteng ada perda yang mangatur ba’da Magrib ngaji, begitupun di daerah lainnya. Ini perlu kita kembangkan melalui TPQ, Madrasah-Madrasah Al-Qur’an yang menjadi dasar embrio yang pada saat nya akan tampil dihadapan kita dan bisa membahagiakan kita semua,”paparnya.

Turut hadir acara penutupan STQ provinsi diantaranya Bupati Haltim Hi Ubaid Yakub, Pj Bupati Halut, Saifuddin Djuba dan sekretaris LPTQ Malut.(adv/eva/pur)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here