Dukung Program Pemerintah, NHM Siap Ikuti Vaksinasi Gotong Royong Bagi Seluruh Karyawan

0
116
ILUSTRASI penerapan protokol covid bagi karyawan NHM yang baru tiba di bandara Kuabang Kao, kembali dilakukan swab test, setelah sebelumnya sebelum berangkat juga dilakukan swab.(foto: Sam/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Manajemen PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) mendukung penuh program pemerintah terkait vaksinasi covid-19. NHM pun berencana akan ikut serta dalam vaksinasi Gotong Royong, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 tahun 2021, untuk memberikan opsi pilihan atau opsi yang lebih luas ke masyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi.

Hal tersebut dikatakan Koordinator Tim Covid-19 PT NHM Septian Sam, ketika dihubungi kemarin. Dia menjelaskan, sebagaimana masyarakat umum yang menerima vaksin, karyawan PT NHM juga akan menerima vaksinasi. Hanya saja, lanjutnya, vaksinasi ini tidak dibebankan kepada pemerintah melainkan pembiayaan ditanggung perusahaan.

BACA JUGA : PT NHM Kembali Buka 20 Hotel untuk Karantina Karyawan

“Vaksinasi Gotong Royong prinsipnya sama, yakni tidak membedakan target yang akan diberikan vaksin. Hanya saja sumber pembiayaan vaksin ini sedikit berbeda. Dalam kategori vaksin Gotong Royong, pembiayaan vaksin bersumber dari pendanaan perusahaan,” terangnya.

Pemberian vaksin ini, katanya, juga memiliki tujuan yang sama dengan vaksinasi yang dilakukan seluruh dunia saat ini. Yakni, meningkatkan imunitas tubuh, sehingga mampu melawan infeksi virus yang selanjutnya meningkatkan kekebalan secara kelompok. “Sebagaimana komitmen manajemen sejak awal, karyawan merupakan aset yang sangat penting bagi perusahaan. Karena itu manajemen wajib memastikan setiap karyawan yang bekerja benar-benar sehat. Selain pengetatan protokol kesehatan bagi karyawan, juga perlu diperkuat dengan vaksinasi,” ucapnya.

BACA JUGA : Manajemen PT NHM Ambil Tindakan Cepat Atasi Wabah Covid di Tambang Gosowong

Diketahui, selama pandemic covid-19, PT NHM terbilang menjadi perusahaan yang paling peduli terhadap kesehatan karyawannya. Berbagai langkah pencegahan dilakukan, mulai daeri karantina wilayah, karantina mandiri sebelum masuk lokasi tambang, hingga pelaksnaaan swab.

Tidak hanya itu, manajemen PT NHm bahkan secara eksklusif menyiapkan transportasi dan hotel untuk mendukung prokes pemerintah. Selain itu, manajemen juga turut membantu masyarakat sekitar tambang, pemkab Halut, Pemprov Malut, dan beberapa daerah lain di Provinsi Malut.

Mulai dari APD, bantuan sembako bagi masyarakat, bantuan ventilator, bahkan memberikan bantuan pembangunan laboratorium PCR bagi Pemkab Halut ditambah lab mobile yang dioperasikan di wilayah lingkar tambang. Semua itu dilakukan semata-mata wujud kepedulian perusahaan untuk memerangi covid.

BACA JUGA : NHM Maksimalkan Prokes Penanganan Covid-19

Septian juga menyebut, gelombang kedua covid di seluruh Indonesia ini, juga turut berdampak bagi karyawan PT NHM. Meski demikian, lanjut Septian, NHM lewat tim internal sudah memiliki pengalaman penanganan saat gelombang pertama covid beberapa waktu lalu. “Kami juga tidak henti-hentinya mengapresiasi dan berterima kasih terhadap tenaga kesehatan, TNI-Polri, dan stakeholder lainnya yang turut membantu NHM dalam penanganan covid,” pungkasnya.(tr-05/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here