HalutPT Nusa Halmahera Minerals

Petani Sayuran Kubis Lega, Hasil Panen Dibeli NHM

×

Petani Sayuran Kubis Lega, Hasil Panen Dibeli NHM

Sebarkan artikel ini
SENANG: Munir, salah satu petani sayur kubis saat memperlihatkan hasil panen mereka yang dipasok ke PT NHM.(foto: istimewa)

HARIANHALMAHERA.COM–Kehadiran PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) di bawah kepemilikan H Robert Nitiyudo Wachjo di tengah-tengah lima Kecamatan lingkar tambang, yakni Kao Teluk, Malifut, Kao, Kao Utara dan Kao Barat memberikan dampak positif bagi masyarakat petani. Komoditi pertanian warga sudah dipasok ke site NHM Gosowong sebagai kebutuhan karyawan sehari-hari.

Buktinya, sejumlah hasil panen pertanian telah diborong Haji Robert melalui PT NHM. Sebelumnya cabe keriting serta tomat milik warga tani Desa Dim-Dim Kecamatan Kao disuplai ke PT NHM, kali ini giliran sayuran jenis kubis milik petani Kao Teluk juga dipasok.

Para petani sayur pun mengaku senang bercampur lega dengan terobosan PT NHM ini, dimana pihak perusahan mencetuskan program yang sangat membantu masyarakat lingkar tambang terutama usaha pertanian yang ada juga memperkerjakan warga.

“Ini berkah dan kami petani merasa seperti karyawan NHM yang mengelola pertanian, soalnya kami tidak sekadar bekerja menanam tetapi juga dapat bimbingan bagaimana bercocok tanam yang benar dan leganya lagi hasil panen dibeli NHM,” kata Munir, salah satu petani sayur kubis, Rabu (6/10).

BACA JUGA : ‘Rica Kribo’ Asal Dim-Dim Ikut Dibeli PT NHM

Pasokan sayur ini lanjut Munir, meski baru perdana akan tetapi dirasa sudah cukup lama berlangsung, sebab sekali pasok bisa mencapai belasan ton sayur. “Baru pertama kali kami merasakan program NHM dibidang pertanian yang memuaskan seperti ini,” terangnya.

Para petani sayur pun berharap program PPM PT NHM ini tetap bertahan sampai perusahan tutup. “Yang pasti kami petani senang dengan program H Robert ini. Kami juga berharap program ini berkelanjutan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat lingkar tambang,”tuturnya.

Sementara itu, salah satu karyawan Social Performance (SP) PT NHM menyampaikan bahwa program PPM PT NHM dibidang pertanian ini diterapkan ke sejumlah desa di lima kecamatan lingkar tambang. Sebab program tersebut merupakan target Haji Robert selaku pemilik PT NHM adalah kesejahteraan masyarakat lingkar tambang maupun Malut secara umum. “Pastinya program NHM di semua bidang akan direalisasikan,” ujarnya.(dit/fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *