Bersahabatlah dengan Semua Orang

0
568
Suasana Perayaan Natal Kristus Pemprov Malut di Desa Awer Kecamatan Sahu Timur, Halbar

HARIANHALMAHERA.COM–Halmahera Barat (Halbar) menjadi pusat perayaan Natal oleh Pemerintah provinsi (Pemprov) tahun ini. Ritual yang dipusatkan di Aula Mahanaim Desa Awer Kecamatan Sahu Timur malam tadi itu berjalan khidmat.

Natal yang mengusung tema “Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang” ( Yohanes 15:15-15) itu diawali dengan Ibadah yang dipimpin Pdt Amos Puasa, S.Th.M.Th.

Ketua Panitia Pnt. Piet Hein Awi mengatakan Perayaan hari-hari besar keagamaan tidak difokuskan pada satu tempat tetapi berpindah-pindah. “Misalnya kemarin Maulid Nabi Muhammad SAW di Malifut, dan Natal tahun ini di Halbar. Kedepan untuk Natal direncanakan akan di gelar di Halsel,” katanya.

Bupati Halbar yang diwakili Staf ahli bidang Pemerintahan, Boby Djumati mengatakan, perayaan Natal merupakan salah satu bentuk pengakuan iman umat Kristiani kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai Juru Selamat manusia, Raja Damai dan Pembawa terang bagi Umat Manusia.

Yesus datang ke dalam dunia untuk membawa Syalom bagi seluruh umat manusia sebab, kedatangan-Nya mendamaikan manusia dengan Tuhan dan manusia dengan sesamanya. Yesus telah merobohkan tembok pemisah dan membangun persekutuan baru yang kokoh dan tangguh yang bersumber dan berakar dalam dirinya .

“Oleh karena itu perayaan natal bukanlah hanya sekedar kebiasaan atau tradisi semata melainkan harus benar-benar murni pengakuan iman atas kelahiran Yesus Kristus Sang Putra Natal penebus dosa umat manusia sehingga natal akan membawa makna bagi diri kita sendiri, keluarga sebagai umat Kristiani,” pintanya.

Disisi lain, perayaan Natal merupakan bentuk aktualisasi iman dan kasih kepada Tuhan dan sesama melalui berbagai tugas, pelayanan dan pengabdian sesuai karunia dan talenta yang kita miliki agar saling melengkapi, menciptakan keharmonisan, saling memaafkan, membina kerukunan dan kedamaian dalam semangat kebersamaan.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Barat saya mengajak kita semua untuk hidup kudus penuh dengan pengharapan senantiasa berpikir cerdas dan berkerja keras membudayakan alam ciptaannya menjadi berkat bagi sesama manusia,’terangnya.

Sebagaimana suasana Natal yang dirasakan oleh umat Kristiani saat ini adalah suasana damai dan penuh kerukunan sesungguhnya pula menjadi cita-cita kita semua dan kita terbebas dari konflik kekerasan penindasan dan peperangan. “Dalam suasana seperti ini umat manusia hidup dengan penuh persaudaraan saling mencintai dan bersama-sama berbuat kebajikan demi kebahagiaan umat manusia,” jelsnya.

Sementara, Gubernur Abdul Gani Kasuba (AGK) melalui  Asisten 1 Gafarudin memberikan apresiasi sekaligus rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bupati dan segenap masyarakat Halbar yang telah membuka hati untuk bersama – sama dengan Pemprov merayakan Natal Kristus.

Hal ini kata dia menunjukkan kerjasama yang baik antara Pemerintah dan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai nilai keimanan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita patut bersyukur karena Tuhan Yang Maha Esa selalu menyertai kita sehingga dalam perjalanan Bangsa, Provinsi dan juga masyarakat Kabupaten Halbar kita semua dapat merayakan bersama hari-hari besar keagamaan dan khususnya di malam hari ini perayaan Natal Kristus dalam suasana aman damai dan penuh sukacita,”ujarnya.

Ditambahkan, dengan tema “Hiduplah sebagai Sahabat Bagi Semua Orang.” tentunya umat Kristiani diingatkan untuk tidak saja bersahabat dengan saudara se iman, tetapi juga umat beragama lainnya bahkan kepada semua orang sebagaimana ajaran Yesus yang menjadikan kasih kepada sesama manusia

“Dalam konteks Maluku Utara kita hidup dalam keberagaman dengan berbagai macam Suku, Bahasa, Agama serta berbagai pulau dengan karakteristik yang berbeda, maka kehidupan yang harmonis dalam kehangatan persaudaraan merupakan hal yang harus sejalan dengan Misi Pembangunan Maluku Utara Periode 2019 – 2024 khususnya misi ketiga yaitu “Membangun tatanan kehidupan yang agamais, aman, damai dan tentram.” di sini tentu saja menjadi pedoman bagi Pemerintah dalam melaksanakan agenda agenda pembangunan 5 tahun ke depan dalam rangka membangun tatanan kehidupan yang lebih baik,”pintanya.

Perayaan Natal Pemprov dilaksanakan secara Oikumene yang merupakan gabungan dari Denominasi Gereja-Gereja di Malut.

Natal yang diikuti ratusan umat kristiani di Halbar itu juga dihadiri ,  Kajari Karo Kesra Setda Malut, Dihir Bajo, Forkopmda Halbar dan pimpinan SKPD Halbar serta pimpinan jemaat GMIH wilayah Halbar.(adv/tr-4/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here