PKL Mahasiswa UKSW Beri Pelayanan Kesehatan Pada Masyarakat

0
185
MENGABDI: Para mahasiswa PKL Universitas Kristen Satya Wacana, di sela-sela pengabdian kepada masyarakat.(foto: Sandro/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM– Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), di Kabupaten Halut, beri pelayanan kesehatan pada masyarakat.

Koordinator kelompok Sulistiani Tongo Tongo mengatakan, PKL mahasiswa akan berlangsung selama tujuh pekan. Saat ini, sudah masuk ke pekan kelima.
“Di sisa waktu ini, tentunya apa yang bisa kami berikan kepada masyarakat, akan dicurahkan semuanya. Tentunya, fokus pada pelayanan kesehatan sebagaimana spesialisasi para mahasiswa,” ujarnya.

Dia pun berharap, apa yang telah disosialisasikan berkaitan dengan ilmu kesehatan kepada masyarakat, dapat membantu dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat,” tambah Sulistiani.

Terpisah Dosen Program Studi S1 Kesehatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Rosiana Evarayanti Saragih, menambahkan, sebanyak 30 mahasiswa yang PKL di Kabupaten Halut, memang sengaja dipilih sesuai asal wilayah. Alasannya, agar masing-masing mengetahui kondisi penyakit di daerah mahasiswa tersebut.

“30 mahasiswa yang ada di Indonesia Timur, dan mereka sengaja ditetapkan pada wilayah asal masing-mising supaya mengetahui kondisi daerahnya,” ucap Rosiana saat dikonfirmasi.

Rosiana juga berharap, agar apa yang telah dipelajari oleh mahasiswanya saat kuliah, dapat dimaksimalkan dalam praktek tersebut.

“Harapan saya, apa yang telah mereka dapat dalam perkuliahan dapat dimaksimalkan di lapangan,” pungkas Rosiana.

Diketahui, Universitas Kristen Satya Wacana merupakan salah satu universitas swasta tertua dan terbaik di Indonesia. Universitas ini terletak di Salatiga, Jawa Tengah.
Setiap tahunnya, UKSW dalam PKL selalu menerjunkan mahasiswanya di daerah asal, agar lebih memahami kondisi di daerah masing-masing.(san/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here