Hennes IX pun Kena Imbas

0
344
ABSEN: Hennes IX tidak akan muncul dalam sisa laga kandang FC Koeln di Bundesliga musim ini GETTY IMAGES

HARIANHALMAHERA.COM– Protokol menggelar pertandingan lanjutan Bundesliga 2019–2020 memberikan batasan jumlah orang di stadion. DFL selaku penyelenggara kompetisi hanya mengizinkan 322 orang. Itu tidak termasuk maskot klub.

Ya, usulan klub Bundesliga untuk tetap menghadirkan maskot klub ternyata tidak diakomodasi DFL. Bukan hanya maskot manusia berkostum seperti Berni (Bayern Muenchen) atau Emma Bee (Borussia Dortmund), maskot binatang juga tidak diperbolehkan.

Hal itu berimbas kepada absennya Hennes IX. Dia adalah kambing jantan yang menjadi maskot FC Koeln musim ini. Alasan kebersihan dan upaya preventif bagi kesehatan 322 orang di stadion menjadi alasan yang dikemukakan DFL.

”Ada tiga prinsip yang harus dipenuhi untuk bisa menuntaskan kompetisi ini (Bundesliga, Red). Level higienis yang konsisten, rasa saling bertanggung jawab, dan me minimalkan pelanggaran aturan tentang mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2,” tulis DFL dalam akun resminya.

Seperti dikutip Goal, Hennes IX menjadi maskot FC Koeln karena menggantikan Hennes VIII yang dipensiunkan karena sudah terlalu tua. Hennes VIII memang sudah ”mengabdi” sebagai maskot The Billy Goat–julukan FC Koeln–selama 11 tahun.

”Hennes IX akan tetap berada di kandangnya, Kebun Binatang Koelner, sampai otoritas Jerman membuka kuntara (kunci sementara). Bermain tanpa maskot tentu menjadi momen yang pertama bagi FC Koeln selama 12 tahun terakhir,” tulis laman resmi FC Koeln.

Selain FC Koeln, Eintracht Frankfurt juga memakai hewan asli sebagai maskot. Elang bernama Attila biasanya akan terbang di atas Commerzbank Arena–kandang Eintracht–sebelum laga dimulai. Aksi Attila pun dipastikan tidak akan terlihat di sisa kompetisi musim ini.(jpc/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here