2021 Penyaluran BST Tidak Melalui Bank

Dialihkan ke Kantor Pos

0
399
Ilustrasi Penyaluran BST (Foto : net)

HARIANHALMAHERA.COM–2021 mendatang Dinas Sosial (Dinsos) Halmahera Barat (Halbar) memastikan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi warga katagori kurang mampu, tidak lagi melalui rekening bank yang ditunjuk oleh pemerintah.

Sebagai gantinya, bakal dialihkan ke kantor Pos terdekat. Pengalihan penyaluran bantuan sosial (bansos) melalui kantor Pos ini, menindaklanjuti edaran terbaru yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Kepala Bidang Bina Sosial dan Kesra Dinsos Halbar, Asrawi Basrah, Selasa (29/12) menyatakan, secara keseluruhan jumlah penerima bansos BST di Halbar,yang disalurkan melalui BNI Syariah Jailolo sebanyak 202 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sebanyak 70 KPM melalui BRI Unit Jailolo.

Sedangkan sisanya melalui kantor Pos Jailolo,di Tongute Ternate, serta kantor Pos di Jailolo Selatan. “Kalau untuk kantor Pos kami kurang cover data jumlah penerimanya. Karena penyaluran langsung melalui mereka. Kedepan sesuai edaran terbaru dari Kemensos penyaluran langsung melalui kantor Pos,” terangnya.

Selain melalui kantor Pos, Dinsos juga diminta kembali memverifikasi data di lapangan, terkait warga katagori kurang mampu yang berhak menerima bantuan dari pemerintah, agar bisa tepat sasaran bagi warga yang membutuhkan.

Berdasarkan data yang diinput sesuai Data Terpadu Kesejahtraan Sosial (DTKS) yang diupdate terbaru pada Oktober, sebanyak 6.925 jiwa katagori warga kurang mampu.

Adapun data yang diinput berdasarkan data yang disampaikan desa. Kemudian diinput ke aplikasi di pusat. Namun untuk penetapan kuota penerima tergantung Kemensos. “Jadi data yang diinput ini secara keseluruhan bagi warga penerima bansos melalui pemerintah pusat, baik BST maupun BNP,” katanya.

Asrawi juga memastikan, penyaluran bansos BDT di 2021 mendatang juga bakal menurun dengan besaran sekitar Rp300 ribu per – KPM.

Terpisah, Kepala Kantor Pos Jailolo, Tamrin Saleh, mengaku terkait pengalihan bansos BST di 2021 melalui kantor Pos, juga telah diterima pihaknya melalui Cabang Ternate. Terhitung mulai Januari – Juni 2021.

“Khusus daerah terpencil nanti kami langsung jemput bola bagi penerima bansos lansia ataup disabilitas dan langsung diantar ke rumah,” tandasnya.

Dia memastikan penyaluran bansos BST di 2020 secara keseluruhan telah disalurkan,mulai dari tahap 1 hingga 9, dengan jumlah penerima sebanyak 2.672 per – KPM yang tersebar di 71 desa, yang masuk pelayanan Pos Jailolo,yakni Jailolo, Sahu,dan Sahu Timur.

Sedangkan di Jailolo Selatan penyaluran melalui kantor Pos Jalilolo Selatan. Demikian juga dengan wilayah Ibu melalui kantor Post di Desa Tongute Ternate. “Untuk tahap 1, 2 dan 3 masih Rp600 ribu per – KPM. Nanti masuk tahap 4, 5, 6 jadi Rp300 ribu per – KPM,” pungkasnya. (tr-4/kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here