Anggota DPRD Halbar Usul Tunjangannya Ditambah

Tindaklanjuti Ketentuan Kemendagri

0
344
Ilustrasi : Kantor DPRD Halbar (Foto : Net)

HARIANHALMAHERA.COM–DPRD Halmahera Barat (Halbar) berencana mengajukan permintaan penambahan anggaran terkait hak keuangan setiap anggota DPRD.

Usulan tersebut menidaklanjuti ketentuan terbaru yang diterbitkan Kemendagri, terkait hak keuangan pejabat di antaranya, Bupati, Sekretaris Daerah, maupun anggota DPRD selaku pejabat daerah di tengah dampak pandemi Covid-19.

Sekretaris Komisi I DPRD Halbar, Joko Ahadi, mengatakan usulan penambahan anggaran tersebut juga sedang dikonsultasikan oleh Komisi I DPRD ke Dirjen Keuangan, untuk menjadi dasar saat disampaikan ke Pemda.

“Tentu kami juga butuh dasar hukum,” ujar Joko di sela – sela menghadiri rapat pleno rekapitulasi di Kantor KPU Halbar, Rabu (16/12).

Politisi Partai Golkar ini menegaskan, usulan tersebut belum diketahui pasti bakal melekat pada item pos belanja yang mana. “Apakah dana aspirasi atau tunjangan lain. Karena alokasi pos anggaran di DPRD bersifat kumulatif,” tuturnya.

Joko juga belum dapat memastikan berapa besaran usulan penambahan hak keuangan anggota DPRD yang bakal disampaikan ke Pemda tersebut.

Namun menurut dia, usulan itu bakal diajukan dalam APBD Induk tahun 2021 yang sementara dalam proses evaluasi oleh Gubenur Maluku Utara.

“Soal penambahan hak keuangan ini nanti pasca konsultasi ke Dirjen Keuangan, baru ditindaklanjuti dengan mengundang Pemda untuk dibahas,” ucapnya. (tr-4/kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here