Halbar Bisa Kembali ke Zona Merah

0
312
Kadinkes Halbar, Rosfintje Kalengit (Foto : AM Fatwa/Kieraha.com)

HARIANHALMAHERA.COM–Status Halmahera Barat (Halbar) yang saat ini masuk dalam zona oranye Covid-19, masih akan sulit untuk kembali ke zona kuning. Sebaliknya, jika melihat jumlah kasus postifi, tidak menutup kemungkinan akan naik menuju ke zona merah.

Sebab, Dinas Kesehatan (Dinkes) mencatat di bulan Januari ini saja ditemukan 25 kasus postifi baru. Meski hingga kini, yang masih aktif postifi tersisa 13 orang. Mereka kini tengah menjalani isolasi mandiri.

Kadinkes Halbar, Rosfintje Kalengit mengatakan, 25 kasus postifi yang ditemukan sepanjang Januari ini adalah berasa dari transmisi lokal. Olehnya, potensi penularan bisa kembali melonjak jika protokol kesehatan (prokes) tidak dipatuhi.

“Temuan kasus postifi ini tentunya membuat halbar yang masuk katagori zona oranye, bisa saja berada pada zona merah. Tentunya ini patut diwaspadai oleh masyarakat dengan selalu disiplin menerapkan pola hidup sehat, dan memthui protokol kesehatan,” katanya

Karena sebagian besar pasien positif menjalani isolasi mandiri, sehingga Pemkab pun belum ada rencana menbuka kembali lokasi karantina yang berada di rumah susun (rusun) di Desa Acango, Jailolo. “Kalau ada lonjakan kasus signifikan baru akan dibuka,” terangnya.(tr4/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here