Lolos Seleksi Wawancara Belum Pasti Aman

0
661

HARIANHALMAHERA.COM- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Halmahera Barat (Halbar) resmi mengumumkan hasil seleksi wawancara calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Halbar
Hasil seleksi yang ditetapkan KPUD lewat rapat pleno Jumat (14/2) malam itu, dari total 80 peserta, sebanyak 40 orang dinyatakan lulus. Bahkan, nama-nama hasil seleksi yang dituangkan keputusan nomor: 05/ PK. 01-BA / 8201 /KPU -Kap/11/2020 tertanggal 14 Februari 2020 itu sudah diumumkan KPUD ke publik. (Pengumuman Hasil Seleksi Wawancara PPK Kabupaten Halbar )
Ketua KPUD Halbar Miftahudin Yusup menjelaskan dalam seleksi wawancara sendiri, KPUD menggunakan sistem majelis lantaran karena dinilai efektif dan terbuka.
Sesuai PKPU nomor 3/2015, para peserta diawancarai seputar track record peserta, pengetahuan tentang kepemilihan dan klarifikasi tanggapan masyatakat.
“Anggota PPK yang terpilih nantinya mempenyuai integritas yang kuat untuk mensukseskan Pilkada Halbar. Integritas bagi penyelenggara pemilu ini penting, sehingga diharapkan nantinya hasil dari pilkada berlangsung lancar dan sukses sehingga bisa diterima oleh semua pihak,” ujarnya.
Karenanya, dia berharap hasil seleksi yang telah diumumkan ke publik tersebut, itu warga Halbar dapat memberikan tanggapan secara tertulis ke KPUD.
“Kita masih membuka ruang kepada masyarakat untuk menyampaikan tanggapan atas nama-nama yang lolos jika ditemukan bermasalah,tentunya bakal dievaluasi sebelum dilantik,” tegasnya.
Sementara itu, Ketua Pokja Rekerutmen PPK Ramla Hasyim menambahkan berdsasarkan jadwal, calon PPK yang lolos tahapan wawancara bakal dilantik 29 Pebruari nanti, kemudian diberikan bimbingan teknis(bimtek).
“Jadi sekalipun lolos seluruh tahapan, tentunya belum aman, karena masih ada tahapan uji publik. Jika ditemukan bermasalah, akan kami tindak lanjuti,”tambahnya.(tr4/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here