Pergantian Tahun, Warga Diminta Waspadai Cluster Baru

0
249

HARIANHALMAHERA.COM–Jelang pergantian tahun 2021, warga di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) diminta mewaspadai munculnya cluster baru penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Salah satunya dengan menghindari kerumunan hingga penerapan protokol Covid-19,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Halbar, Rahmat Patty, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (28/12).

Rahmat menyatakan, potensi munculnya cluster baru Covid 19 ini menjadi perhatian khusus Dinkes. Sehingga, dengan menindaklanjuti instruksi kementerian, salah satunya dengan siaga 1 x 24 jam di setiap Puskesmas untuk melayani masyarakat.

Laporan maupun update data setiap saat juga wajib disampaikan oleh tenaga medis di setiap Puskesmas tentang penanganan setiap penyakit yang diderita pasien. “Jika ditemukan adanya indikasi Covid-19, langsung dirujuk ke RSUD Jailolo,” katanya.

Dia memastikan, hingga saat ini belum ada temuan cluster baru terkait Covid-19. Walaupun pertumbuhan Cobid-19 di Halbar tergolong kecil, namun ini harus diwaspadai oleh masyarakat.

“Sampai saat ini tidak ada lagi pasien yang dikarantina. Semua sudah melewati proses itu. Kalau tanpa gejala tetap diawasi oleh petugas di desa dan Puskesmas. Kecuali ada penanganan tentu baru di RSUD,” tandasnya.

Bagi pelaku perjalanan keluar daerah, lanjut dia, akan dilihat daerah tujuannya. Khusus perjalanan keluar daerah dalam rangka studi atau pelajar untuk rapid test tidak dipungut biaya. Sedangan untuk umum akan dikenakan biaya adminsitrasi.

“Nanti juga ada penempatan petugas kesehatan khususnya di areal Pelabuhan Jailolo, bersama aparat TNI – Polri untuk ikut memantau penumpang atau arus mudik perayaan Natal dan tahun baru,” pungkasnya. (tr-4/kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here