Sekolah di Halbar Diperbolehkan Beraktivitas

0
262
ILUSTRASI siswa aktif dalam belajar mengajar sebelum covid-19. (foto: tribunnews.com)

HARIANHALMAHERA.COM–Aktivitas belajar – mengajar di tahun ajaran baru 2021, baik tingkatan PAUD, SD, SMP, maupun SMA sederajat diperkenankan melakukan belajar tatap muka dengan sistem shift.

Sebelumnya, penerapan belajar tatap muka ini telah diberlakukan setelah memasuki new normal dampak pandemi Covid-19. “Karena wilayah Halbar masih zona orange,” kata Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Halbar, Pilemon Piuw, Senin (4/1).

Ia mengaku, pemberitahuan ini sudah ditindaklanjuti oleh pihak sekolah dengan menggelar rapat bersama komite dan orang tua siswa. “Karena ini butuh persetujuan para orang tua siswa,” katanya.

Pilemon mencontohkan, aktivitas belajar mengajar yang sudah mulai normal ini, jika dalam satu kelas terdapat lebih dari 10 siswa, maka akan dibagi shift.

Skemanya, kata dia, dengan batas waktu sekitar setengah jam, dilanjutkan lagi dengan shift berikut sebagai bentuk pencegahan. “Karena penerapan work home dalam proses belajar – mengajar kadang tidak efektif,” katanya.

Menurut dia, work home butuh peran dari orang tua siswa untuk mengawasi anak – anaknya. Meski demikian, setiap sekolah diwajibakan tetap menerapkan protokol Covid-19.

“Salah satunya mewajibkan tenaga pengajar maupun siswa mengenakan masker saat belajar – mengajar berlangsung. Jadi penerapan protokol kesehatan tetap diberlakukan,” pungkasnya. (tr-4/kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here