Meriahkan HUT Halteng ke-32, Bupati Elang Buka Pameran Pembangunan

0
77
Bupati Halteng, Edi Langkara, saat meninjau salah satu stand pameran HUT Halteng ke-32 di lapangan Falcino, Weda

HARIANHALMAHERA.COM– Jelang hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) yang ke-32 tahun 2022, Pemerintah Daerah setempat meriahkan momentum tersebut dengan sejumlah rangakaian kegiatan, salah satunya pameran pembangunan yang telah resmi dibuka oleh Bupati Halteng Edi Langkara, senin (24/10) malam.

Pembukaan pameran pembangunan yang dipusatkan di Pandopo Falcino, Weda itu berlangsung meriah dan lancar, dimana sejumlah pejabat daerah termasuk Pemprov Malut pun ikut hadiri dalam ivent tahunan tersebut.

Bupati Halteng, Edi Langkara, dalam sambutanya mengatakan bahwa pameran tersebut juga sebagai media edukasi dan publikasi program dari hasil-hasil pembangunan yang berlangsung hingga saat ini, baik oleh organisasi pemerintah, swasta, maupun UMKM yang mana semua itu dimaksudkan untuk memberi informasi dan inspirasi.

“Ini juga sekaligus menyatukan masyarakat dalam mendukung program pembangunan demi daerah Halmahera Tengah yang lebih baik.  Pameran pembangunan tahun ini terasa istimewa karena bertepatan dengan tahun terakhir periode kepemimpinan Elang-Rahim,”katanya.

Orang nomor satu Pemkab Halteng ini pun menyebutkan adapun beberapa capaian pembangunan yang telah direalisasi dalam 5 tahun ini, sebagaimana terpublikasi pada stand-stand pameran OPD diantaranya infrastruktur dan konektifitas wilayah, yang meliputi pembangunan jalan dan jembatan, sarana telekomunikasi, infrastruktur kesehatan dan pendidikan, Untuk kebutuhan desa telah terealisasi bantuan perumahan layak huni, air bersih dan sanitasi.

“Program bidang Kesehatan meliputi pengadaan armada ambulans laut, kunjungan petugas ke rumah warga (home visite), pemerataan dokter kontrak dan PTT tenaga Kesehatan diseluruh puskesmas, program bidang Pendidikan meliputi bantuan Pendidikan berupa beasiswa untuk mahasiswa, kerja sama dengan Unkhair dan perguruan tinggi lainnya dalam bantuan S1/S2, sementara program penguatan bidang ekonomi meliputi bantuan KUR untuk masyarakat tanpa agunan, optimalisasi lahan pertanian, peningkatan sarana perikanan tangkap atas kerjasama Pemerintah Daerah dengan 56 desa pesisir, khusus penataan kota Weda meliputi pembangunan median jalan, penghijauan kota, dan pembangunan drainase,”ujarnya.

“Selain OPD, kegiatan Pameran juga diikuti oleh UKM dan Perusahaan-perusahaan yang berada di Lingkungan kabupaten Halmahera Tengah dalam rangka promosi, partisipasi, dan kontribusi. Dengan adanya investasi di daerah, ekonomi masyarakat akan terus tumbuh dan tentunya berefek pada pemasukan bagi daerah melalui retribusi pajak dan PAD,”sambungnya.

Selanjutnya menurut Bupati Edi, untuk menunjang Kota Weda sebagai pusat pemerintahan, jasa dan ekonomi maka dalam waktu singkat akan memanfaatkan GOR dan Plaza di Kota Weda. Sebab, Dalam pameran tahun ini juga dirangkaikan dengan berbagai pertandingan olah raga dan perlombaan kesenian, yang telah mengisi acara sejak satu minggu sebelumnya dan selama pameran berlangsung.

“Agenda ini bertujuan mengasah minat dan bakat putra-putri terbaik Halmahera Tengah, sekaligus menciptakan keharmonisan dan solidaritas lintas etnik antar kecamatan di Kabupaten Halmahera Tengah,”terangnya.(tr-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here