TNI-AD Tambah Satu Yonif di Malut

0
320
Kasdam XIV/Pattimura Brigjen TNI Gabriel Lema bersama Bupati Halteng Edi Langkara meninjau lokasi yang rencananya akan dibangun Markas Yonif yang baru

HARIANHALMAHERA.COM–Selain Bataliyon Infanteri (Yonif) Rider Khusus (RK) 732/Banau, Mabes TNI AD melalui Kodam XIV/Pattimura akan menambah satu Batalyon lagi di Malut.

Yonif yang belum diketahui namanya ini, akan bermarkas di Halmahera Tengah (Halteng). Bahkan, lahan pendirian markas Yonif ini sudah disediakan Pemkab Halteng seluas 50 hektar yang berlokasi di antara Desa Kobe Pantai dan Desa Sawai Itope, Kecamatan Weda Tengah.

Kemarin, Kasdam XVI/Patimuan Brigjen TNI Gabriel Lema didampingi Bupati Halteng Edi Langkara dan Dandim 1512/Weda Letkol Arm Budi Satria menunjau langsung lahan tersebut. “Pemerintah daerah tetap siapkan lahan untuk pembangunan Batalyon. Ini demi meningkatkan keamanan yang ada di Daerah,” terang Bupati Elang.

Kasdam mengatakan, dengan melihat luasnya wilayah geografis yang ada di Malut, maka perlu ditambahkan lagi satu Yonif guna memperkuat dan menjaga kedaulatan NKRI diwilayah Malut khususnya di Halteng meski sudah ada Yonif RK 732/Banau yang bermarkas di Halbar.

“Pemda Halteng telah menghibahkan beberapa lahan untuk pembangunan ini, untuk itu kami akan segera berkoordinasi dengan pimpinan pusat untuk langkah pembangunan Markas Batalyon Infantri,” Ujar Kasdam.

Dandim 1512/Weda Letkol Arm Budi Satria mengatakan, lahan seluas itu selain akan dibangun kompi, juga didalamnya terdapat perumahan prajurit. “Anggaran pembangunan langsung dari TNI AD,” katanya. (pnr/tr-01/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here