Bakal Bangun Pasar Berstandar Internasional di Halut

0
145
Foto bersama Pemkab dengan Tim dari Polandia saat berkunjung di Kantor Bupati Halut (Foto : Faisal/Harian halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Yayasan Kebijakan Pembangunan dan Kota madya Gora Kalwaria Polandia, senin (25/4) melakukan kunjungan ke Kabupaten Halmahera Utara. Kedatangan mereka tersebut dikabarkan untuk bekerja sama dengan Pemkab Halut dibidang pengembangan proyek pasar perkotaan berkalanjutan serta tata kelola kota partisipatif untuk pengelolaan pasar segar, aman, hijau dan inklusif di Indonesia.

Bupati Halut, Frans Manery, pun menuturkan bahwa kehadiran Yayasan dari Polandia ini sebenarnya untuk memperkuat kembali kerja sama mereka yang sudah dilakukan sejak Januari 2021 dan akan berakhir pada bulan Desember 2023 mendatang.

“Sebenarnya Pemkab Halut dan Yayasan ini sudah ada kerja sama, jadi tinggal ditingkatkan, dimana kerja samanya adalah pelakanaan proyek pengelolan ruang kota. Proyek ini di bawah program UE yang merupakan kemitraan untuk Kota-kota berkelanjutan, sesuai dengan perjanjian dengan Komisi Eropa No. CSO-LA / 2020 / 420-747,”katanya.

Tujuan kedatangan Yayasan dari Polandia ini menurutnya, untuk memastikan kembali rencana pembangunan pasar berstandar internasional di wilayah Halut yang mana dana pembangunannya bersumber dari Uni Eropa.

“Kami juga direncanakan untuk di undang ke sana (Polandia) untuk melihat pengelolaan pasar oleh Pemerintah Polandia, karena pasar yang di bangun di Halut nanti akan mengikuti gaya di Polandia mulai dari segi kebersihan, pelayanan, tata kelola lingkungan dan limbah di pasar,”ungkapnya.

Pemkab Halut sendiri lanjutnya, menyambut baik kunjungan Yayasan ini dan sangat berterima kasih atas kerjasamanya.“Pasar hijau ini sebenarnya rencana dibangun pada tahun 2020 kemarin, namun karena Covid-19 sehingga program tersebut tertunda hingga saat ini. Tim  Polandia rencananya pada bulan Juli ini akan mengundang Bupati Halut dan Dinas terkait berkunjung ke Polandia,”ujarnya.(cw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here