Bawaslu Halut Perpanjang Pendaftaran 2 Panwascam

0
105
Ketua Bawaslu Halut, Rafli Kamaludin

HARIANHALMAHERA.COM–Pendaftaran calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu 2024 resmi ditutup pada tanggal 27 september 2022 kemarin oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Halmahera Utara. Namun, dari 17 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Halut, ternyata masih terdapat 2 Kecamatan yang mana kuota 30 persen perempuan belum terpenuhi sehingga berpotensi diperpanjang kembali pendaftaran.

Ketua Bawaslu Halut, Rafli Kamaludin, mengatakan bahwa setelah dilakukan verfikasi kuota calon Panwascam di hari terakhir penutupan pendaftara, ternyata masih terdapat dua Kecamatan, yaitu Loloda Kepulauan dan Loloda Utara yang keterwakilan perempuannya belum tercapai 30 persen sebagaimana diamantkan dalam aturan yang berlaku.

“Iya ada dua Kecamatan, yaitu Loloda Kepulauan dan Loloda Utara yang kuota perempuannya belum terpenui, jadi kemungkinan kita akan perpanjang lagi jadwal pendaftaran dan itu akan diputuskan dalam rapat pleno nanti,”katanya, selasa (27/9).

Untuk jumlah calon Panwascam yang terdaftar saat ini menurut Ketua Bawaslu Halut, berdasarkan hasil rekapan dari 17 Kecamatan tercatat sebanyak 218 pelamar, yang terdiri dari 163 orang laki-laki dan 55 orang perempuan. “Setelah tahapan penutupan pendaftaran selesai, selanjutnya Bawaslu akan melakukan penelitian berkas dengan durasi waktu selama 3 hari kedepan sesuai dengan juknis,”ujarnya.

Rafli pun menegaskan bahwa dalam pelaksanaan seleksi Panswascam Pemilu 2024 tersebut tentu berlangsung secara transparan dan jujur. “Sesuai jadwal seleksi, maka selanjutnya mereka yang lulus berkas akan mengikuti seleksi tertulis nantinya yang sistemnya sama seperti tahu lalu, yaitu tes secara online,”pungkasnya.(sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here