Dukung Program Pangan, Koramil Galela Tanam Jagung

0
114
Koramil Galela saat melakukan penanaman perdanan tanaman jagung

HARIANHALMAHERA.COM– Program ketahanan pangan terus digencarkan Kodim 1508/Tobelo dan jajaran Koramil-nya. Kali ini, giliran Koramil 1508-02/Galela melakukan penanaman perdanan tanaman jagung di atas lahan seluas 1 hektar di Desa Ngidiho, Kecamatan Galela Barat (Galbar), Kabupaten Halmahera Utara.

Penanaman yang berlangsung sabtu (20/8) itu dipimpinan langsung oleh Danramil 1508-02/Galela, Kapten Arh. Mohamad Ali dan didampingi Camat Galbar, Abdul W. Umar Show, Kepala Desa Ngidiho, Kamal Abdullah, personel Koramil 1508-02/Galela serta masyarakat setempat.

Danramil 1508-02/Galela, Kapten Arh. Mohamad Ali, mengatakan, ketahanan pangan telah menjadi program Pemerintah dan sebagai bentuk kepedulian TNI AD adalah turut mendukung serta mendorong program tersebut.

“Kebun jagung ini merupakan lahan kosong milik warga yang seluasnya 1 hektar. Ini merupakan upaya mendukung program ketahanan pangan. Kegiatan penanaman perdana jagung ini sebagai wujud binter dalam rangka pemulihan ekonomi, melalui pembinaan ketahanan pangan (Hanpangan) di wilayah,”katanya.

Program pangan ini menurutnya, tentu seluruh elemen harus saling membahu dalam membantu masyarakat dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan dan sisi lain perlu adanya edukasi agar masyarakat dapat mandiri dalam hal eksistensi pangan.

“Koramil sebagai aparat teritorial harus dapat berada ditengah masyarakat dalam membantu kesulitan rakyat di wilayah binaan,” ucapnya.

Dandim 1508/Tobelo, Letkol Inf. Davit Sutrisno Sirait, menuturkan TNI AD melalui Komando Teritorial bersama seluruh jajaran Kodim ikut dalam melaksanakan ketahan pangan tersebut sesuai dengan kearifan lokal masing-masing.

“Untuk produk unggulan seperti saat sekarang ini adalah padi, jagung dan kedelai. Di wilayah Kabupaten Halmahera Utara dan Kabupaten Pulau Morotai sendiri kita melaksanakan ketahanan pangan dengan komoditi jagung,”pungkasnya.(dit.wyu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here