H-3 Pengajuan Bacaleg Ditutup, KPU Halut: Baru Dua Parpol yang Mendaftar

0
253
Sefriando Bitakono, Komisioner KPU Halut

HARIANHALMAHERA.COM– Tahapan pengajuan bakal calon legislative (Bacaleg) terhitung kamis (11/5) tersisa tiga hari saja akan resmi ditutup oleh Komisi Pemililah Umum (KPU) sebagaimana jadwalnya yang dibuka mulai tanggal 1 sampai 14 Mei 2023. Namun, khususnya di KPU Halut ternyata menjelang injury time (batas waktu) ini baru tercatat dua partai politik (Parpol) yang datang daftarkan Bacaleg-nya dari total 18 Parpol peserta pemilu 2024.

Komisioner KPU Halut Dervisi Teknis, Sefriando Bitakono, pun membenarkan bahwa dari 18 Parpol peserta pemilu 2024 baru dua parpol yang resmi mengajukan Bacaleg ke KPU Halut, yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem).

“Padahal penutupan pengajuan Bacaleg tersisa tiga hari lagi, tapi sampai hari ini (Kamis) baru dua Parpol yang datang pengajuan Bacaleg, yaitu PDI-P mendatangi kantor KPU pukul 09.00 WIT, sedangkan Partai Nasdem pada pukul 14.00 WIT,”katanya.

Berkas Bacalag kedua parpol tersebut menurutnya, setelah dilakukan verfikasi ternyata lengkap sehingga langsung diterima pengajuannya oleh KPU Halut.

“Seluruh dokumen Parpol yang diajukan hari ini (kamis), dokumennya sudah lengkap dan jumlah Bacaleg juga sudah lengkap di IV Daerah Pemilihan (Dapil) yang tersebar di 17 Kecamatan, Kabupaten Halut,”ujarnya.

Sisanya 16 Parpol lanjut Sefriando, sebagaimana informasi yang di terima bahwa akan segera mendaftar, dimana pada hari sabtu (13/5) nanti ada dua Parpol akan datang ajukan Bacaleg ke KPU, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Golongan Karya (Golkar).

“KPU prinsipnya tinggal menunggu pengajuan dari Parpol, kami KPU tentu meminta Parpol yang belum mengajukan Bacaleg agar dapat memanfaatkan waktu yang tersisa dengan maksimal,”tuturnya.(sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here