Mendes Datang, Pemda Halut Siapkan Aspirasi

0
90
Wenas Rompis (Foto : malutkabardaerah)

HARIANHALMAHERA.COM–Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes, PDTT), Abdul Halim Iskandar, dijadwalkan pada hari jumat (14/10) akan berkunjung ke Kabupaten Halmahera Utara. Kedatangan saudara kandung ketua umum DPP PKB, A. Abdul Muhaimin Iskandar, itu selain tatap muka bersama pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan tenaga pendamping Desa, juga dilakukan peninjauan pasar rakyat di Halut.

Tak hanya itu, kunjungan Menteri Desa itu disinyalir bagian dari awal perencanaan pengelolaan program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat (PPM) PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) yang sebelumnya ditangani langsung Departemen Sosial Performance (SP) PTNHM akan dialihkan ke BUMDes di lingkar tambang.

Rencana kunjungan kerja (Kuker) Menteri Desa tersebut juga dibenarkan Wenas Rompis, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Halut. Wenas pun mengatakan, bahwa ada beberapa agenda yang menjadi tujuan dari kedatangan Mendes ke Halut, yang mana secara umum adalah untuk tatap muka bersama 4 Pemerintah Daerah, yaitu Pemkab Halmahera Timur (Haltim), Halmahera Barat (Halbar), Pulau Morotai dan Halut. “Kunjungan Menteri Desa untuk pertemuan bersama 4 Kabupaten, yaitu Halut, Halbar, Haltim dan Pulau Morotai yang dipusatkan di Tobelo, Kabupaten Halut,”katanya, selasa (11/10).

Selain itu menurut Kepala DPMD Halut, berdasarkan run down Mendes, akan dilanjukan tatap muka bersama Pemerintah Desa (Pemdes), BUMDes dan tenaga pendamping Desa 4 Kabupaten, namun belum diketahui waktu dan apa yang menjadi pembahasannya. “Beliau (Mendes) juga akan memberikan penghargaan terhadap Desa mandiri, maju, dan berkembang,”ujarnya.

Setelah pertemuan lanjut Wenas, Menteri akan menuju ke Desa Bori Kecamatan Kao Utara untuk meninjau langsung BUMDes milik Desa tersebut kemudian melakukan kunjungan ke pasar rakyat di Desa Ngofakiaha Kecamatan Malifut untuk melihat kondisi pembangunan dan aktivitas pedagang.

“Kedatangan Kemendes ini tentunya kami Pemkab Halut akan menjadi kesempatan untuk menyampaikan secara langsung kondisi daerah sekaligus berharap agar kedepannya program Kemendes masuk ke Halut sehingga masyarakat di Halut juga merasakan program Kemendes,”ungkapnya.

“Setelah semua agenda di Halut selesai beliau akan bergegas menuju Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepualaun untuk meninjau Desa Wisata disana,”sambungnya.(sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here