Merah Putih Bakal Berkibar Di Benteng Toligoda

0
1211
POSE: Kebersamaan Anggota Sangggar Toligoda Halmahera Utara (Halut).

HARIANHALMAHERA.COM-Bendera Merah Putih dengan panjang 74 meter akan dikibarkan di Benteng Toligoda. Pengibaran itu, nanti digelar pada acara puncak hari jadi RI ke 74 mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Nofarentu Sadow, selaku Koordinator Sanggar Toligoda. Menurut dia ukuran bendera yang rencananya dikibarkan pada puncak 17 agustus itu disesuaikan dengan usia kemerdekaan.

“Karena Hut kali ini ke 74. Makanya bendera yang bakal kami kibarkan di Benteng Toligoda juga berukuran 74,”ujar Faren sapaan akrabnya. Rabu (07/08).

Pengibaran bendera sendiri, kata Faren, rencananya dibentangkan di seputaran kali Ira Kecamatan Galela Barat Halmahera Utara (Halut), karena jaraknya berdekatan dengan Benteng Toligoda, tepat di belakang Desa Soatabaru.

“Toligoda jadi pilihan kibaran bendera lantaran benteng itu dibuat para pejuang merah putih dalam mempertahankan kemerdekaan di tanah Bangsaha, kala itu. Sayangnya, sekarang tempat bersejarah itu luput dari perhatian Pemda,”keluhnya.

Sembari mengajak kepada basudara samua untuk berpartisipasi mensukseskan kegiatan dimaksud. Agar semua pihak mengetahui bahwa di tanah ini pernah diteteskan darah untuk Merah Putih.

“Upacara di depan kantor itu biasa, namun di Toligoda luar biasa. Ayo ke Toligoda kita sama sama sukseskan kegiatan ini,”ajak Faren. (Sandro/mt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here