PT. NHM Dorong Peningkatan Kualitas Guru Lingkar Tambang Lewat Diklat

0
147
Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang diperuntukan untuk guru di wilayah lingkar tambang PT. NHM di Hotel Green Tobelo. Foto: PT. NHM for Harian Halmahera

HARIANHALMAHERA.COM – Sebanyak 590 guru SD, SMP, hingga SMA/SMK dari berbagai sekolah di lima kecamatan lingkar tambang PT. Nusa Halmahera Minerals, mulai mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat).

Ini merupakan kerjasama antara PT.NHM, Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Utara (Halut), dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Maluku Utara (Malut).

Manajer Komunikasi Perusahaan PT.NHM, Ramdani Sirait, mengatakan Diklat ini tentang Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis zonasi untuk guru inti dan guru sasaran tingkat SD, SMP, SMA, SMK.

“Pesertanya adalah para guru yang telah dipilih dan berasal dari berbagai sekolah di lima kecamatan, yang merupakan wilayah-wilayah yang ada di lingkar tambang PT. NHM,” jelas Ramdani, dalam pembukaan Diklat di Hotel Green Tobelo, Senin (19/10).

Menurut dia, ini merupakan bagian dari kepedulian PT. NHM terhadap peningkatan kualitas pendidikan di lingkar tambang perusahaan.

Dia menjelaskan, Diklat pada program pertama yang berlangsung sejak 19 hingga 23 Oktober 2020 ini diperuntukan untuk 60 guru inti, terdiri dari 20 guru SD, 20 guru SMP, dan 20 guru SMA/SMK.

“Mereka adalah guru senior dan pengawas sekolah. Para guru inti dan pengawas sekolah ini dilatih oleh pihak LPMP Malut. Sedangkan guru sasaran akan dilatih oleh guru inti dan pengawas sekolah yang telah dilatih oleh LPMP,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Halut, Hertje Manuel, mengatakan DikLat di wilayah lingkar tambang PT. NHM merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Halut.  “Saya harap ini terus dilakukan dan diperluas cakupan wilayahnya,” harap Hertje.

Superintendent Hubungan Masyarakat PT. NHM, Rustam Munawar, mengucapkan terima kasih kepada Pemda Halut melalui Dinas Pendidikan, Cabang Dinas Pendidikan Malut serta LPMP Malut, yang telah bekerjasama dengan PT. NHM untuk menyelenggarakan Diklat ini.

Hal senada disampaikan Camat Kao, Melkianus Larangan. Dia berharap melalui Diklat ini, kualitas pendidikan di wilayah lingkar tambang PT. NHM semakin meningkat di masa mendatang.

Sebelumnya, Manajer Kinerja Sosial PT. NHM, Hansed P. Lasa, pada akhir September dan awal Oktober 2020 melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum Of Understanding/MoU) antara PT. NHM dengan Dinas Pendidikan  Halut dan LPMP Malut terkait pelaksanaan DikLat ini.

NHM dibawah kepemilikan saham mayoritas oleh PT Indotan Halmahera Bangkit/ Indotan, terus membangun kerjasama dengan Pemda Halut dalam upaya mendukung pembangunan di berbagai bidang kehidupan masyarakat. Salah satunya pendidikan sebagai bentuk kepedulian PT. NHM.

Sekadar diketahui, pembukaan DikLat di Hotel Green Tobelo ini dihadiri Kepala LPMP Malut, Drs. Laode Safihu M.Pd, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Halut, Rusli S. Jafar S.Ag. MPdi, Kepala Disdik Halut, Hertje Manuel S.Pd, serta Superintendent Hubungan Masyarakat PT. NHM, Rustam Munawar. (kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here