Percikan Api Tungku Rebusan, Nyaris Hanguskan Seluruh Pabrik Roti Srijaya

0
328
CEPAT TANGGAP: Dua unit damkar saat memadamkan kebakaran di pabrik roti Srijaya, Desa Gosoma, Kamis (2/9).(foto: Faisal/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM— Pabrik Roti Srijaya yang berada di Desa Gosoma, Kecamatan Tobelo, beruntung masih terselamatkan. Meski api sudah menghanguskan beberapa bagian pabrik, namun upaya pekerja dan warga sekitar mampu menjaga api tidak membakar seluruh pabrik.

Peristiwa kebakaran itu terjadi sekira pukul 12:05 WIT, Kamis (2/9). Beruntung Pemadam Kebakaran (Damkar) sepat mendapatkan informasi, sehingga tiba dengan cepat ke lokasi dan berhasil memadamkan sisa-sisa api yang masih menyala di beberapa bagian pabrik.

“Informasi awal dari Camat Tobelo yang kebetulan berada di dekat lokasi kejadian. Saat kebakaran terjadi, pak Camat langsung mengubungi damkar. Saat itu juga dua unit damkar langsung bergerak,” kata Kasubag Humas Polres Halut Aiptu Hopmi Saribu, saat dikonfirmasi.

“Dari peristiwa ini, tidak ada korban jiwa. Adapun kerugian materiil diperkirakan sekira Rp 20 juta. Berkat bantuan warga setempat dan dengan kerja sama yang baik, maka api dengan cepat dipadamkan,” ujarnya.

Sementara itu, Budiono selaku pemilik pabrik roti Srijaya, mengaku asal mula api dari tempat perebusan air. Percikan api kemudian merembet sehingga menyebabkan kebakaran.

“Ketika terlihat percikan api, semua karyawan lansung mengambil tindakan dengan menyiram api memakai air yang ada di bagian dalam pabrik tersebut,” ungkapnya.

Andi Kurniawan, salah satu karyawan pabrikl, menuturkan bahwa saat itu dia sedang bersama empat orang karyawan lainnya. Mereka pun melihat api sudah menyala.

“Saat itu juga kami mencari air terdekat dan menyiramnya secara manual. Kami juga berteriak untuk meminta tolong warga sekitar. Tak lama, warga lansung datang membantu menyiram untuk memadamkan api,” terangnya.(cw/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here