Presdir NHM Terjunkan Tim Kesmas Tangani Kesulitan Kakek Safi

0
83
Tim Kesmas PTNHM yang dipimpin langsung koordinator lapangan, Septian Sam, saat berkunjung ke rumah kakek Safi

HARIANHALMAHERA.COM–  Sosok dermawan berhati lembut, Haji Romo Nitiyudo Wachjo, yang merupakan Presdir sekaligus pemilik PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) tak henti-hentinya mengulurkan tangan sejuknya untuk menolong kaum dhuafa yang menderita penyakit berat terutama warga tidak mampu yang berdomisili di lingkar tambang PTNHM.

Kali ini, Pak Haji Robert yang sering disapa warga itu kembali bertekad menolong seorang kakek bernama Safi Hi Surabaya,Warga domisili Desa Akelamo Kao, Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara yang dikabarkan menderita sakit dan butuh uluran tangan karena kondisi ekonomi. Yang pada akhirnya didatangi Tim Kesmas_HRP Departemen Occupation Healt and Safety (OHS) atau dikenal Tim Kesehatan Masyarakat (KesMas) PTNHM setelah diarahkan Pak Haji Robert.

kondisi rumah kakek safi

Tim yang dipimpin langsung coordinator lapangan Dep OHS/Kesmas PTNHM, Septian T. Sam, itu telah sambangi kediaman kakek Safi, yang mana kondisi rumahnya kecil, berdinding papan yang sudah mulai lapuk, miring, berlubang dan beratap seng yang telah berkarat.

Niat Pak Haji Robert menolong kakek Safi ini seperti pepatah kata “Dilempari Batu Dibalas dengan Kapas”.  Betapa tidak, Kakek Safi sendiri sesuai informasi yang di kutip HARIAMHALMAHERA, pernah berselisih dengan PTNHM dan sempat melancarkan kiritikan miring, namun amarah kakek tersebut dibalas Haji Robert bersama manajemen PTNHM dengan kelembutan hati untuk menolongnya dari kesulitan hidup, yaitu berniat membantu merawat kakek tersebut baik perawatan di rumah sampai langkah tindaklanjut ke Faskes lanjutan untuk mendapatkan perawatan medis dengan membiayai seluruh biaya pengobatannya.

Kakek Safi saat terbaring lemas lantaran sakit berat

Kedatangan tim yang diutus Pak Haji Robert tersebut menurut coordinator Dep OHS/Kesmas PTNHM, Septian T. Sam, bahwa untuk memastikan kondisi pasien sekaligus mengambil data diri maupun dokumen lainnya sebagai salah satu syarat administrasi yang tidak terpisahkan untuk Tim Kesmas dan pengurusan pengobatan secara medis di Faskes tingkat lanjut yang menjadi mitra PTNHM.

“Iya, kami Tim Kesmas_HRP OHS PTNHM telah datangi kediaman calon pasien untuk memastikan kondisi dan lakukan perawatan sementara di rumahnya, sekaligus mengambil data dan dokumen guna pengurusan bantuan pelayanan kesehatan ke Faskes Tingkat Lanjut dan juga sebagai laporan internal ke atasan.”katanya, jumat (2/12).

Selanjutnya sambung Septian, Tim Kesmas_HRP Dep OHS PTNHM saat ini sudah tindaklanjut proses pembuatan BPJS Tn. Safi Hi Surabaya di Tobelo, karena yang bersangkutan tidak memiliki BPJS.

Saat ini Tn. Safi juga masih di rawat di rumahnya oleh dokter/perawat Tim Kesmas, karena kategori sakit Tn. Safi tidak tergolong emergency dan masih dapat di tangani langsung oleh Tim sambil menunggu proses pembuatan BPJS, lain ceritanya jika Eergency.

Pada intinya Program Pak Haji Kami akan Support semaksimal mungkin sesuai Niat Ilahi Pak Haji karena ini manfaatnya luar biasa bagi Masyarakat LT Khususnya dan Maluku Utara Pada Umumnya. Tetapi semuanya harus melalui SOP atau Alur Kerja yang sudah ada, sehingga bantuan² yang di berikan Pak Haji tidak salah sasaran juga tidak salah pelaksanaannya dilapangan dan tidak pula mengurangi nilai plusnya (Amal baiknya). Baik bagi Pak Haji sebagai pemberi Sedekah, maupun Kita Semua selaku pelaksana yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dilapangan.

“Sebagai informasi untuk kita semua agar tidak gagal faham untuk proses pelayanan dan penanganan yang saat ini berjalan, didalam SOP sudah diatur kriterianya dengan baik untuk diterapkan saat penanganan dilapangan. SOP Ini dibuat sebagai Fungsi Kontrol untuk kebaikan bersama yang artinya penanganan dan pelayanannya tersampaikan dengan baik ke masyarakat serta hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang sudah pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya dapat di antisipasi. Kegagalan adalah GURU terbaik untuk Suatu Kesuksesan,”tutur Coordinator lapangan Tim OHS/Kesmas PTNHM.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here