Program KESMAS-HRP PTNHM Terus Mengalir, Giliran Oma Agusta Dibantu Pemilik NHM

0
107
Tim medis KESMAS-HRP PTNHM saat melakukan pemeriksaan awal terhadap pasien penderita infeksi telinga asal Desa Doro, Kao Utara

HARIANHALMAHERA.COM– Program ‘Sedekah’ Haji Romo Nitiyudo Wachjo, Presiden Direktur (Presdir) sekaligus Owner PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) untuk warga kurang mampu di Maluku Utara secara umum dan khususnya warga lingkar tambang terus mengalir makin deras. Melalui timnya baik tim Departemen Occupation Healt and Safety (OHS) atau dikenal Tim Kesehatan Masyarakat (KesMas) PTNHM maupun Tim Program Haji Robert Peduli (HRP) terus bergerak cepat lancarkan misi kemanusiaan.

Setelah sebelumnya Tim Kesmas_HRP PTNHM dibawa koordiantor lapangan, Septian Teddy Sam, bergerak melakukan penanganan terhadap warga Akelamo Kao, Kecamatan Kao Teluk, Kabupaten Halmahera Utara yang sakit berat serta menolong bocah asal Sidangoli, Kecamatan Jailolo Timur (Jaltim) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) yang menderita penyakit Hydrocephalus juga seorang dokter yang mengalami kelumpuhan asal Desa Goruang Kecamatan Kao Kabupaten Halut yang di bantu evakuasi rujukannya ke RS. Siloam Manado beberapa hari lalu menggunakan Helikopter.

pemeriksaan kondisi kesehatan sambil minta keterangan seputar kesehatan pasien

Kali ini Tim Kesmas kembali menjalankan misi serupa dari Pak Haji Robert, yaitu penanganan pelayanan kesehatan terhadap Nenek Agusta Saibaka (69). Warga domisili lingkar tambang PTNHM, tepatnya di Desa Doro, Kecamatan Kao Utara, Kabupaten Halut itu disebut tim medis Kesmas PTNHM bahwa menderita infeksi telinga menahun (5 tahun), sehingga berkesempatan mendapatan perhatian dari Presdir PTNHM, Haji Robert Nitiyudo Wachjo yang mana saat ini pasien program HRP tersebut telah ditangani secara medis.

Coordinator Ex Tim Covid-19 PTNHM sekaligus Coordinator lapangan Tim Kesmas_HRP Dep OHS PTNHM, Septian T. Sam, membenarkan bahwa Tim Kesmas sudah melakukan penanganan terhadap nenek Agusta yang merupakan pasien Kesmas_HRP PTNHM, dimana sebelumnya tim menerima informasi dari Camat Kao Utara kemudian tak berselang lama Tim mendapat VN dari Pak Haji Romo yang menarahkan untuk segera memberikan pelayanan kesehatan terhadap warga dimaksud.

tampak kondisi rumah nenek Agusta

“Saat ini kami Tim Kesmas_HRP OHS PTNHM kembali melakukan penanganan pelayanan kesehatan terhadap seorang calon pasien asal Desa Doro, Kecamatan Kao Utara a/n Oma Agusta Saibaka setelah sebelumnya kami mendapatkan informasi dari Pak Camat Kao Utara di Sore Hari melalui telpon. Pak Camat menelepon memberikan informasi ke salah satu Tim Kami Pak Wilton Nyoma (Koordinator Perawat) dan di malam harinya Kami mendapat Arahan melalui pesan Whatsup (VN) dari yang terhormat Bapak Haji Romo Robert Nitiyudo Wachjo ,”katanya, sabtu (3/12).

Secepatnya lanjut Septian, Tim Kesmas_HRP OHS PTNM akan membawa calon pasien ke Faskes tingkat lanjut mitra PTNHM untuk mendapatkan pelayanan medis yang sesuai.

“Tim Kesmas-HRP OHS PTNM sudah mengambil data calon pasien sekaligus pemeriksaan awal untuk mengidentifikasi seberapa parah atau kategori emergency dan tidak emergencynya sakit yang di derita Oma Agusta, juga dilakukan perawatan sementara secara medis oleh dokter/perawat Tim Kesmas_HRP OHS PTNHM untuk mengurangi infeksi yang terjadi saat ini,”pungkasnya.

“Hari senin tanggal 5 Desember 2022 nanti Oma Agusta akan kami tindaklanjuti ke Faskes Tingkat lanjut Kabupaten yaitu RSUD Tobelo dengan manfaatkan fasilitas kendaraan operasional yang ada saat ini,”sambungnya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here