PWI Halut Santuni Balita Gizi Buruk

0
433
Peyerahan bantuan secara lansung oleh PWI Halut kepada penderita Gizi Buruk, (Foto : Istimewah)

HARIANHALMAHERA.COM–Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Senin (8/6), melakukan penggalangan dana di internal pengurus untuk membantu seorang balita yang menderita gizi buruk bernama Hafin Abas.

 

Bocah berusia 2 tahun 5 bulan asal Desa Tolonuo Selatan, Kecamatan Tobelo Utara itu, tengah menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tobelo.

 

Ketua PWI Halut, Rachman Baba, mengatakan, santunan terhadap Hafin Abas merupakan suatu bentuk rasa peduli. Karena di sisi lain, hidup serba keterbatasan.

 

“Kami juga baru dapat informasi ini dan seketika itu PWI Halut kemudian berinisiatif menggumpulkan uang untuk membantu, setidaknya meringankan beban pembiayaan rumah sakit,” katanya.

 

Terpisah, Kepala Desa Tolonuo, Abdul Kokodaka, menuturkan pemerintah desa juga turut membantu Hafin Abas dengan membuat surat keterangan tidak mampu, untuk diajukan ke instansi teknis Pemkab Halut.

 

”Memang mereka juga dapat bantuan lansung tunai (BLT), tapi bagi kami itu tidak cukup membantu Hafin dan keluarganya. Jadi kami buat surat keterangan tidak mampu, sekaligus mengurus Kartu Keluarga dengan harapan dapat bantuan dari Pemda Halut,” tuturnya.

 

Informasi yang diterima, Hafin diasuh oleh kakek dan neneknya, lantaran orang tua telah tiada. Penyakit gizi buruk yang dialami Hafin itu dikabarkan sudah berlangsung cukup lama.

 

Namun mereka baru membawanya ke rumah sakit beberapa hari lalu lantaran sebelumnya tidak punya biaya. ”Dokter bilang sesuai hasil pemeriksaan (diagnosa) Hafin menderita gizi buruk, pneumonia, dehidrasi, dan indikasi anemia. Jadi harus mendapatkan perawatan secara insentif,” tutur keluarga Hafin di RSUD Tobelo.(dit/Kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here