Rawajaya Targetkan Jadi Desa Terang di 2019

0
757
Kades Rawajaya M Iksan Madu. (foto: rif/harianhalmahera)

HARIANHALMAHERA.COM— Untuk meminimalisir angka kriminal di Halut, di 2019 ini Desa Rawajaya, Kecamatan Tobelo, bakal memasang lampu penerangan jalan di beberapa titik yang dianggap rawan.

Kades Rawajaya M Iksan Madu, mengatakan pemasangan lampu jalan dikerjakan bertahap. Untuk tahap pertama di RW 4 tepatnya di belakang pasar Rawajaya. Tahap berikut di RW 3.

“Target kita Rawajaya akan jadi desa terang,” tutur dia.

Selain itu, yang menjadi perhatian serius pihakny,a pada tahun ini juga adalah kebersihan. Mengingat Rawajaya berada di daerah rawa dan rentan terhadap penyakit.

“Maka dalam waktu dekat kami akan berkonsultasi kembali dengan Dinas Lingkungan Hidup, supaya sampah-sampah yang ada di pinggir jalan akan dibersihkan,” tutur dia.

Untuk mengantisipasi itu, pihaknya juga akan menempatkan bak sampah di beberapa titik, selanjutnya akan diawasi dengan ketat agar tidak ada lagi yang membuang sampah sembarangan.

“Sampah ditampung saja biar nanti diangkut dengan Viar,” tandasnya.

Dirinya juga membeberkan capaiannya dalam pembangunan yang bersumber dari Dana Desa (DD). Sejak awal hingga tahun 2018 sudah membangun jalan sirtu sepanjang 1.200 meter, jalan setapak sepanjang  1.188 meter, dan drainase sepanjang 804 meter. Kemudian untuk BUMDes programnya juga sudah mulai jalan.

Sedangkan untuk pembangunan yang lain, dirinya sangat berharap perhatian dari pemerintah daerah. Sebab tidak semua bisa dibangun menggunakan Dana Desa (DD).

“Di tahun ini kami juga akan membangun jalan sirtu sepanjang 110 meter di RT 4 dan jembatan penghubung sepanjang 2 meter, sehingga perhatian dari pemerintah daerah juga sangat diperlukan,” tutupnya.(rif/cal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here