Ribuan Warga Halut Bakal Divaksin

Prioritaskan Usai 18 hingga 59 Tahun

0
510
Ilustrasi

HARIANHALMAHERA.COM–Vaksinasi alias pemberian obat vaksin pencegah Covid-19 terhadap masyarakat di Kabupaten Halmahera Utara (Halut), tinggal menunggu kedatangan obatnya. Kabarnya, saat ini sudah tiba di Kota Ternate.

Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Halut pun menyampaikan sudah siap melaksanakan program tersebut. Sebab berbagai kebutuhan telah tersedia.

BACA JUGA : Vaksinasi Covid Dibagi Dua Tahap

Jumlah penerima vaksin sendiri, disebut pihak Dinkes Halut, bahwa telah tercatat sebanyak 50 ribu lebih. Namun mereka yang divaksin cenderung pada usia mulai dari 18 sampai 59 tahun, sebagaimana petunjuk teknis dari pemerintah pusat.

Kepala Dinkes Halut, Muhammad Tapi-Tapi, mengatakan logistik pencegahan Covid-19 berupa obat dan vaksin untuk wilayah Maluku Utara (Malut) sudah ada. Direncanakan dalam waktu dekat akan didistribusikan ke seluruh Kabupaten/Kota.

“Vaksinnya dikabarkan sudah ada. Kami di Dinkes Halut tinggal menunggu dan untuk Halut sendiri jumlah penerima vaksin sekitar 50 ribu jiwa,” katanya, Senin (4/1).

Menurut Kadinkes Halut, sebelum divaksin harus dilakukan sosialisasi dan pencanangan agar masyarakat mengetahui bagaimana tujuan vaksinasi.

“Salah satu bentuk sosialisasi yang sebenarnya adalah dilakukan vaksinasi tahap awal terhadap TNI-Polri, tenaga medis dan karyawan serta staf pelayanan umum seperti bank dan bandara. Ini merupakan contoh bagi masyarakat biasa agar mereka makin yakin dengan vaksinasi ini,” jelasnya.

Saat kedatangan logistik vaksin nanti, lanjut dia, secepatnya akan disalurkan ke seluruh Puskemas dan rumah sakit, sehingga pelaksanaan vaksinasi berjalan sesuai jadwal. “Pelaksanaan vaksin tentu dari tenaga medis di Puskemas masing-masing,” tuturnya. (dit/kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here