RS Kao Butuh Ambulance

0
513
ILUSTRASI ambulance bantuan Kemenkes. (foto: via balitribune.co.id)

HARIANHALMAHERA.COM– Rumah Sakit (RS) Kao butuh perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara (Halut). Pasalnya, sudah 5 tahun beroperasi tidak ada satupun mobil ambulance. Padahal keberadaan mobil tersebut sangat diperlukan dalam kondisi gawat darurat.

Humas RS Kao Supriadi mengatakan, sebenarnya ada sebuah ambulance bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk RS Kao. Hanya saja, mobil tersebut rusak akibat kecelakaan yang terjadi 2014 lalu. “Sejak mobil bantuan itu rusak karena kecelakaan,  saat ini RS Kao tidak lagi memiliki mobil ambulance,” ujarnya.

Dijelaskan, karena tidak ada mobil ambulance, pihak RS terpaksa meminjam ambulance milik Puskesmas Kao atau Puskesmas Daru, jika ada kondisi gawat darurat atau jika ada pasien meninggal dunia.

“Selain pinjam mobil, pihak rumah sakit dan keluarga pasien juga sering mengambil kebijakan memakai jasa mobil penumpang. Ini apabila ambulance lagi dipakai, terpaksa pakai mobil penumpang untuk mengantar jenasah,” tuturnya.

Supriadi menambahkan, pihaknya sudah mengadu ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Halut, agar bisa mengadakan satu mobil ambulance untuk RS Kao. “Sudah bermohon ke Dinkes, mudah-mudahan bisa disetujui karena keberadaan mobil tersebut sangat penting,” pungkasnya.(fik/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here