Sambut BK3N 2022, NHM Kobarkan Semangat K3

0
347
Apel bersama manajemen dan karyawan PT NHM menyambut BK3N tahun 2022

HARIANHALMAHERA.COM– Seluruh karyawan PT Nusa Halmahera Minerals (PT NHM) beserta para karyawan perusahaan mitra kerjanya terus menggelorakan semangat untuk mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di seluruh aktivitasnya, terutama di tambang emas Gosowong yang berlokasi di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.

Dalam press release Departemen Komunikasi PT NHM telah menginformasikan, bahwa semangat tersebut kembali ditingkatkan pada apel bersama pembukaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional ( BK3N) tahun 2022 yang berlangsung di Gosowong, Rabu (12/1).

Wakil Direktur Operasi/ Kepala Teknik Tambang (KTT) PTNHM, Amiruddin Hasyim menegaskan bahwa sudah menjadi komitmen bersama bagi Manajemen PTNHM beserta seluruh karyawan dan mitra kerja untuk menjaga kesejahteraan, kesehatan dan keselamatan setiap orang.

“Soal K3 tentu sangat diperhatikan PTNHM dan itu lebih diprioritaskan, selain itu PTnhm juga sangat menjaga kualitas lingkungan, dengan visi Sehat – Selamat – Hijau maka akan dapat dicapai melalui upaya terbaik dari setiap orang,”katanya.

Sementara itu, General Manager Perencanaan dan Produksi PTNHM, Rado Lawolo dalam pembukaan apel bersama tersebut juga menyampaikan bahwa K3 dilakukan untuk mencegah dan mengurangi terjadinya insiden dan penyakit akibat kerja, serta menjamin setiap tenaga kerja dan orang lain di sekitarnya mendapat perlindungan atas keselamatannya. Selain itu, K3 juga turut menjamin proses produksi dapat berjalan secara aman dan lancar.

“Bila dalam upaya menanggulangi Covid-19 kita mengenal istilah 3M, maka dalam pelaksanaan K3, mari kita buat istilah 3N, yaitu; Nihil Kecelakaan Kerja; Nihil Pelanggaran Norma K3, dan; Nihil Penindakan Hukum K3,”ujarnya.

Selesai apel bersama, para karyawan dan mitra kerja PTNHM menyaksikan persembahan demonstrasi respon cepat Tim Tanggap Darurat (Emergency Response Team/ERT) PTNHM dalam latihan menangani insiden akibat kebocoran sianida. Anggota tim secara sigap memperagakan cara menangani korban di lokasi, mengelola situasi di hot, warm dan green zone, serta meminimalisir potensi kontaminasi sianida terhadap anggota tim dan lokasi sekitarnya.

Berbagai rencana kegiatan lainnya dalam rangka menyambut BK3N 2022 di Gosowong antara lain adalah Pameran Keselamatan Pertambangan antar departemen dan mitra kerja, lomba-lomba K3 seperti penilaian Kinerja K3 Terbaik, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Bekerja di Ketinggian, Cerdas Cermat K3, dan lain-lain.

Selain itu, akan diadakan juga aksi sosial donor darah baik di Gosowong maupun di kantor Indotan Jakarta, seminar dan diskusi terkait K3 dan lain-lain. Semuanya dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran K3 semua karyawan dan mitra kerja yang terlibat dalam operasi Tambang Emas Gosowong.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here