Siapkan Posko, Awasi Aktivitas Nataru

0
125
Kepala Dishub Halut, Muhammad Asri Tapi-Tapi

HARIANHALMAHERA.COM–Suasana aktivitas masyarakat menyambut hari raya natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru) di pusat perbelanjaan yang di Tobelo sudah mulai ramai. Bahkan, arus lalulintas sepanjang jalan kemakmuran pun sering terjadi kemancetan akibat padatnya kendaraan.

Meningkatnya aktivitas masyarakat tersebut membuat Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Halut terpaksa turun tangan untuk melakukan penertiban ruas jalan hingga mengatur arus lalulintas.

Kepala Dishub Halut, Muhammad Asri Tapi-Tapi, mengatakan, bahwa sudah menjadi tradisi kepadatan aktivitas pada momentum hari besar keagamaan dan tentunya instansi teknis Pemkab Halut turun lapangan melakukan penanganannya seperti pengaturan arus lalulintas hingga mengawasi aktivitas di pusat perbelanjaan. “Untuk mengatasi kemacetan yang arus lalulintas di pusat kota, tentu kami Dishub Halut bekerja sama dengan sejumlah instanasi vertical terutama Satlantas Polres Halut untuk melakukan penertiban kendaraan sebagai antisipasi kemacetan,”katanya, senin (19/12).

Seperti tahun sebelumnya lanjut Kadishub Halut, pihaknya akan buat pos penjagaan di beberapa titik yang dianggap terjadi kepadatan aktivitas dan menempatkan petugas untuk memantau setiap aktivitas masyarakat terutama arus lalulintas. “Kami sudah membuat pertemuan dengan Kapolres hari ini (senin,red) untuk bahas kerja sama penanganan dan pengawasan aktivitas masyarakat jelang Nataru. Kemungkinan hari rabu atau kamis nanti akan kami mendirikan posko tersebut,”ungkapnya.

Penempatan posko sendiri menurutnya, sebagaimana rencana dibuat di tiga wilayah yang berbeda, yaitu di seputaran Kota Tobelo sebanyak 3 posko, sementara untuk Kecamatan Kao sebanyak 1 posko kemudian Kecamatan  Galela 1 posko. “Posko ini untuk memantau situasi lalulintas di sepanjang jalan trans Halmahera, dan kita membuat posko pemantauan lalulintas ini agar dapat mengetahui kendala yang terjadi di sepanjang jalan, karena di hari-hari besar seperti ini banyak terjadi kecelakaan lalulintas,”ujarnya.

Dia pun menghimbau pada sopir angkutan umum maupun penumpang agar tetap berhati-hati dalam mengemudi, setidaknya hindarai ugal-ugalan di jalan dan patuhi rambu-rambu lalulintas sehingga terhindari dari kecelakaan. “Para sopir harus lebih berhati-hati ketika mengemudi kendaraan, dan terpenting lagi harus mengutamakan keselamatan ketika berkendaraan,”pintanya.(sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here