Target Bedah 1.000 Rumah, Sasarannya se-Kabupaten Halut, Amin: Ini Program H Robert

0
177
KEKELUARGAAN: Silaturahmi Presdir sekaligus pemilik PT NHM H Robert Nitiyudo bersama camat dan ketua forum kepala desa di lingkar tambang di Jakarta, Selasa (9/2). (foto: NHM for Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–- Diberitakan sebelumnya, jika tidak ada aral melintang, pada awal Maret nanti, Presiden Direktur (Presdir) sekaligus pemilik PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) H Robert Nitiyudo Wachjo akan melakukan peletakkan batu pertama program bedah rumah.

Menurut perwakilan PT Indotan Halmahera Bangkit, Amin Anwar, program ini akan menargetkan sebanyak 1.000 rumah. Jumlah ini tidak hanya berlaku untuk wilayah lingkar tambang PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) saja atau terbatas pada 84 desa.

“Arahan pak H Robert, untuk bedah rumah ini akan dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dengan target 1.000 rumah,” kata Amin, dihubungi kemarin.

BACA JUGA : Awal Maret Presdir PT NHM Letakkan Batu Pertama Program Bedah Rumah

Dia menyebut, awalnya memang dibatasi di 84 desa di wilayah lingkar tambang PT NHM, namun setelah melalui beberapa pertimbangan, maka rumah sasaran yang akan mendapatkan bantuan bedah rumah bisa di luar wilayah lingkar tambang.

“Salah satu alasannya karena program ini bukan bagian dari program PPM PT NHM, melainkan program pribadi dari H Robert. Ya, artinya seluruh pendanaan sumbernya dari pak Haji, bukan diambil dari dana PPM,” terangnya.

Amin menyebut, keinginan pak H Robert ini murni ingin membantu warga kurang mampu yang ada di Kabupaten Halut. Karena itu, lanjutnya, program ini langsung di bawah pengawasan H Robert melalui tim yang sudah dibentuk dan dinamai tim H Robert Peduli.

“Ini merupakan program perdana. Karena anggaran ini dari kantong pribadi, makanya tidak dibatasi tahun anggaran. Yang pasti, targetnya 1.000 rumah,” ulangnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, penyampaian H Robert saat acara silaturahmi dengan kecamatan dan ketua Forum Kepala Desa (FKD) lingkar tambang di Jakarta, Selasa (9/2), lalu, program bedah rumah ini akan dilakukan awal Maret nanti yang secara simbolis akan dilakukan peletakkan batu pertama.

BACA JUGA : H Robert: Sinergitas Tim SP NHM, Kecamatan, Desa dan Masyarakat Jadi Kunci Keberhasilan Program PPM

Diketahui, sejak mayoritas saham PT NHM diambil alih oleh Indotan/PT Indotan Halmahera Bangkit dari Newcrest Mining Ltd pada awal tahun 2020, H Robert sebagai pemilik dan Presdir PT NHM menaruh perhatian sangat besar terhadap kesejahteraan masyarakat.

Banyak sekali bantuan yang telah diberikan untuk masyarakat. Baik bantuan melalui Departemen Kinerja Sosial PT NHM maupun bantuan pribadi yang diserahkan langsung kepada masyarakat. Bedah rumah yang awalnya hanya berupa bantuan pribadi, dimasukkan ke dalam program perusahaan. Program bedah rumah ini dilakukan setelah H Robert melihat langsung kehidupan masyarakat di lingkar tambang PT NHM.(tr-05/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here