Warga Serahkan Lagi Senpi Rakitan ke Satgas Yonarhanud 3/Yby

0
61
warga secara suka rela serahkan senpi rakitan ke personil Satgas Yonarhanud 3/Yby

HARIANHALMAHERA.COM– Satgas Satuan Organik Maluku Utara Yonarhanud 3/YBY kembali menerima penyerahan secara suka rela senjata api (Senpi) rakitan dan munisi dari masyarakat Malut. Senin (16/1) kemarin, Satgas Yonarhanud 3/Yby telah menerima tiga puncuk senpi buatan dari warga di tempat yang berbeda.

Penyerahan pertama dilakukan oleh warga asal Dodinga, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), yakni 1 pucuk senpi rakitan laras panjang yang diserahkan ke Pos 5 Tetewang SSK IV dan diterima oleh Pratu. Debby Haryadi dan Pratu. Candra Ramadhan, kemudian penyerahan 1 pucuk senpi serupa oleh warga Desa Gosoma, Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halut di Pos Kotis yang diterima oleh Letda Ckm. dr. Emanuel Pratita dan penyerahan munisi tajam (peluru) caliber 7,62 mm sebanyak 13 butir juga oleh warga Desa Tunuo, Kecamatan Kao Utara ke Pos 7 Gulo SSK IV diterima Sertu. Apri Rubianto.

sejumlah senpi rakitan dan peluru tajam yang diserahkan warga

Tak hanya itu, sebelumnya pada tanggal 11 januari 2023, warga Desa Samuda Kecamatan Galela Barat serahkan 1 pucuk senpi di Pos 2 Soatabaru SSK III disusul warga Luari, Kecamatan Tobelo Utara juga menyerahkan 1 pucuk senpi ke Pos Kotis dan terakhir warga Morotai Timur, Kabupaten Pulau Morotai ikut berikan 1 pucuk senpi ke Pos 6 Sangowo SSK III.

Komandan Satgas Yonarhanud 3/YBY, Letkol Arh. Achmad Yani, S.E., M.Han, mengatakan bahwa penyerahan senpi rakitan oleh warga tersebut telah menunjukan kesadaran mereka terhadap larangan menyimpan senjata.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada warga yang sudah menyerahkan senjata harapannya agar tercipta kondisi kemanan yang kondusif, dimana semua senjata dan munisi yang diserahkan kepada satgas Yonarhanud 3/Yby ini atas kesadaran dari warga sendiri tanpa paksaan,”katanya, rabu (18/1).

Sementara itu, jumlah senpi rakitan yang diserahkan warga ke Satgas Yonarhanud 3/Yby hingga awal tahun 2023 ini sudah tercatat sebanyak 47 pucuk terdiri dari laras panjang 32 pucuk dan laras pendek 15 pucuk. Kemudian senjata organik 1 pucuk laras panjang, munisi campuran 79 butir juga bahan peledak 4 buah terdiri dari granat 3 buah dan ranjau 1 buah.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here