Buah Diblender Nutrisinya Hilang?

0
56
ILUSTRASI blender buah. (foto: net)

HARIANHALMAHERA.COM–PERNAH dengar kalau buah yang diblender itu nutrisinya akan hilang? Ya, anggapan itu bikin banyak orang mengonsumsi buah utuh di rumah ketimbang diblender. Tapi apakah benar demikian?

Dilansir dari LiveStrong via tribunnews.com, memblender buah sebenarnya tidak akan mengubah nilai gizinya secara signifikan. Tapi yang perlu dikhawatirkan justru adalah bahan tambahan yang dimasukkan saat memblender buah.

Pasti banyak dari kita yang gemar menambahkan gula cair, susu, madu atau bahkan es krim ke dalam jus buah. Nah, bahan-bahan inilah yang justru akan mengubah struktur nutrisi dari buah yang diblender.

Jika bahan-bahan tambahan terlalu banyak, maka bukan tidak mungkin, jus buah akan kaya gula sehingga bisa menyebabkan obesitas sampai diabetes.

Jadi, bukan proses pemblenderan yang mengubah nutrisi buah, melainkan bahan tambahan yang dipakai saat memblender buah tersebut.

Selain bahan tambahan, kita juga harus awas pada cara penyimpanan buah yang sudah diblender tersebut. Soalnya, buah yang sudah halus ini tidak boleh di dalam jangka waktu yang lama. Nutrisi pada buah akan hilang dan mengalami degradasi nutrisi jika disimpan terlalu lama.

Journal of Agricultural and Food Chemistry pada tahun 2006 juga menemukan, sekitar 5-25 persen kandungan vitamin C dalam potongan kiwi, nanas, mangga, stoberi, semangka, dan melon akan hilang jika disimpan pada suhu 5 derajat celcius dalam waktu enam hari.(tnc/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here