Sauna Bisa Turunkan Berat Badan?

0
505
ILUSTRASI sauna. (foto: net)

HARIANHALMAHERA.COM–SAUNA telah ada selama ribuan tahun. Selain untuk bersantai, sauna juga dipercaya bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan, benarkah?.

Dilansir dari MensHealth via suara.com, seorang ahli jantung di San Francisco, California, Rita Redberg, M.D., yang menulis mengenai sauna berpendapat jika tidak ada data ilmiah yang menunjukkan sauna dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, dia masih sangat merekomendasikan sauna untuk alasan lain.

Sebuah studi kecil yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine pada lelaki Finlandia setengah baya menemukan bahwa mereka yang sering melakukan sauna, dapat hidup lebih lama daripada mereka yang jarang melakukannya. Tapi sayangnya, tidak diketahui secara jelas alasannya.

“Tidak diketahui apakah manfaat kesehatan yang terkait dengan penggunaan sauna berasal dari efek fisiologis dari sauna itu sendiri, atau hanya tindakan meluangkan waktu untuk bersantai, seperti yang sering dilakukan di sauna, atau persahabatan sauna, terutama di Finlandia, tempat itu sering sebagai tempat keluarga menghabiskan waktu,” kata Dr. Redberg, yang mencoba sauna Finlandia dalam perjalanan baru-baru ini ke Helsinki, Finlandia.

Sauna biasanya diatur setidaknya mencapai suhu 150 derajat Fahrenheit, tetapi yang dicoba oleh Dr. Redberg di Helsinki, jauh lebih panas. “Sudah pasti mitos bahwa duduk di sauna menyebabkan penurunan berat badan yang bermakna dan jangka panjang, karena berat yang Anda turunkan di sauna adalah berat air,” jelas Mike Sevilla, MD, seorang dokter keluarga di Salem, Ohio, yang sering mendapat pertanyaan dari pasien tentang manfaat sauna.(src/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here