Pesawat Ethiopian Airlines Jatuh Setelah 6 Menit Lepas Landas

Boeing 737 Max-8, Seperti Lion Air JT 610 yang Jatuh

0
468
JATUH: Pesawat Boeing 737 Max-8 dikabarkan jatuh. (foto: angkasareview.com)

HARIANHALMAHERA.COM— Pesawat Boeing 737 Max-8 kembali bermasalah. Pesawat milik Ethiopian Airlines yang membawa 157 orang, jatuh setelah lepas landas dari Addis Ababa Bole International Airport Etiopia menuju Nairobi, Kenya, Minggu (10/3).

Jenis pesawat dengan nomor penerbangan ET 302 dan membawa 149 penumpang dan 8 kru itu, sama persis dengan pesawat milik Lion Air JT 610 tujuan Jakarta-Pangkal Pinang yang jatuh. Hanya saja, belum diketahui apakah penyebabnya sama atau tidak.

Laporan Al Jazeera yang dikutip dari jawapos.com, pesawat itu lepas landas pada pukul 08.38 waktu setempat. Tak lama kemudian, sekitar 08.44 pesawat Boeing 737 Max-8 milik Ethiopian Airlines itu dikabarkan jatuh.

BBC melaporkan, saksi mata di tempat kejadian menyebut ada ledakan yang disusul dengan kebakaran hebat saat pesawat mulai menabrak tanah.

’’Semuanya terbakar. Ledakan dan api begitu kuat sehingga kami tidak bisa mendekatinya,” ujarnya.

Pernyataan resmi dari Ethiopian Airlines mengatakan kalau operasi pencarian dan penyelamatan langsung diturunkan. Lokasinya, di sekitar kota Bishoftu, yang berjarak 60 km tenggara ibu kota Etiopia, Addis Ababa.

“Staf Ethiopian Airlines akan dikirim ke lokasi kecelakaan dan melakukan segala kemungkinan untuk membantu layanan darurat,” tulis Ethiopian Airlines.

Sampai berita ini ditulis, belum diketahui apakah ada yang selamat dari kejadian tragis itu. Perdana Menteri Etiopia Abiy Ahmed menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas insiden itu melalui akun Twitter @PMEthiopia.

’’Kantor Perdana Menteri, atas nama pemerintah dan rakyat Etiopia, menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga yang telah kehilangan orang dicintainya dalam penerbangan Ethiopian Airlines Boeing 737 menuju Nairobi, Kenya pagi ini,’’ tulis Abiy Ahmed.(jpc/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here