Putra Hagi Beri Victory

0
516
Selebrasi Ianis Hagi usai mencetak gol ke gawang Braga GETTY IMAGES

HARIANHALMAHERA.COM – Wakil Britania Raya memang babak belur di Liga Champions pekan ini. Tapi, mereka tampil perkasa di leg pertama babak 32 besar Liga Europa. Buktinya, lima tim Britania Raya yang tampil di ajang kelas dua antarklub Eropa itu tak terkalahkan. Mereka adalah Manchester United, Arsenal, Wolverhampton Wanderers, Rangers, dan Celtic.
Salah satu yang paling epik adalah kemenangan Rangers atas Sporting Braga. Bagaimana tidak. Kemenangan tim asuhan Steven Gerrard tersebut baru ditentukan saat laga yang dihelat di Ibrox Stadium itu hanya tersisa delapan menit.
Stevie G –julukan Gerrard– harus berterima kasih kepada Ianis Hagi. Ianis merupakan anak legenda Rumania Gheorghe Hagi. Pemain 21 tahun itu mencetak dua gol pada menit ke-67 dan 82’. Satu gol lainnya dilesakkan gelandang Joe Aribo (75’). Sebelumnya, Rangers sempat tertinggal 0-2 melalui gol Fransergio (11’) dan Abel Ruiz (59’).
Sontak, Gerrard langsung larut dalam euforia setelah Ianis mencetak gol ketiga Rangers. Saking girangnya, eks gelandang Liverpool dan timnas Inggris itu sampai melompat dan memeluk salah seorang ofisial Rangers di pinggir lapangan.
Wajar jika Gerrard begitu emosional. Penyebabnya, musim ini sangat mungkin bakal jadi laju terjauh Gerrard di Liga Europa bersama Rangers. Musim lalu yang sekaligus jadi debutnya melatih, pemilik 114 caps bersama The Three Lions –julukan timnas Inggris– itu hanya sampai fase grup.
”Gheorghe (Hagi) ada di sini (Ibrox, Red), dan aku yakin dia sangat bangga dengan penampilannya (Ianis, Red),” puji Gerrard kepada Ianis seperti dilansir ESPN. ”Mencetak dua gol dalam kompetisi Eropa sangat luar biasa. Kami selalu memiliki harapan untuk melakukan comeback bahkan saat tertinggal 0-2. Apalagi, kami tampil di Ibrox,” tambah Ianis.
Setali tiga uang dengan Gerrard, performa hebat Ianis krusial bagi karirnya bersama Rangers. Sebab, dia adalah pemain baru Rangers yang didatangkan dari KRC Genk pada bursa transfer musim dingin lalu. Status jebolan Gheorghe Hagi Academy itu adalah pinjaman selama enam bulan.
Meski pemain pinjaman, pemilik 10 caps bersama Rumania itu jadi starter dalam lima di antara enam laga bersama Rangers. Total, pemain yang berposisi sama dengan sang ayah atau sebagai gelandang serang itu sudah mencatatkan tiga gol dan satu assist. Nah, jika performanya stabil, ada kans bagi pemain berpostur 184 sentimeter itu dipermanenkan per musim depan. Sebab, dalam klausul peminjamannya terdapat opsi pembelian.
Sementara itu, meski tidak kalah, hasil imbang 1-1 yang dipetik United saat melawan Club Brugge cukup disayangkan. Sebab, mereka gagal melanjutkan tren clean sheet menjadi lima laga beruntun di semua ajang. Tetapi, hasil kemarin menjadikan Harry Maguire dkk tak terkalahkan dalam sepuluh laga fase knockout Liga Europa. (jpc/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here