Penyelenggara Harus Jujur

0
452
Gubernur Abdul Ghani Kasuba (AGK) didampingi forkopimda menyerahkan piagam ucapan terima kasih kepada KPU Malut (FOTO ANTARA)

HARIANHALMAHERA.COM–Gubernur Malut Abdul Ghani Kasuba (AGK) menekankan pentingnya masalah kamtimbas saat digelaranya pilkada serentak 2020 di delapan daerah di Malut yang tahapannya sudah mulai jalan ini.

Dia mengingatkan jangan sampai ada darah dan air mata yang menetes di pesta dmeokrasi lima tahunan. Agar Pilkada nanti berjalan aman dan lancar, salah satu kuncinya tentu di penyelenggara.

Karenanya, dia meminta pihak penyelenggara baik KPU dan jajaran serta Bawaslu dan jajaran harus bekerja jujur, adil dan demokratis.

“Beberapa tahun yang lalu, Malut pernah melaksanakan pilkada terlama melalui sengketa dan konflik politik. Oleh karena itu jangan lagi terulang kembali, karena cukup menguras energi kita semua,” terang AGK di sela-sela Penyerahan piagam penghargaan dari KPU Malut di Ternate, Rabu.

Walau begitu, dia memuji kinerja penyelenggara Pilkada yang telah sukses melaksanakan pemilu baik Pilpers dan Pileg di Malut hingga nihil gejolak.

“Saya ucapakan terimakasih kepada KPUD dan seluruh penyelenggara lainnya, yang telah menyukseskan Pilpres dan Pileg dengan baik dan bijaksana,” katanya.

Diceritakan, pada hajatan Pilgub 2018, dirinya juga turut serta menjadi kontestasi dalam hajatan politik itu. Namun, hanya satu yang diinginkan adalah Malut harus aman. “Saya harapkan agar hajatan Pilkada nanti dapat berlangsung secara jujur, adil dan demokratis,” katanya.

Dalam eksempatan itu, AGK juga menyinggung sengketa batas daerah antara Halbar dan Halut di wilayah 6 Desa untuk segera diakhiri.

“Khusus enam Desa, agar Bupati Halbar dan Halut dapat menerima apa yang telah menjadi keputusan yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri, sehingga daerah ini aman,” katanya.

Gubernur meminta semua pihak harus bertekad siap terima kekalahan, asalkan jangan lagi ada darah dan air mata masyarakat yang tertumpah di negeri ini.

Ketua KPUD Malut, Pudja Sutamat, mengatakan proses Pemilu 2019 telah dilaksanakan dengan sukses, lancar dan aman. Hal itu ditandai dengan telah dilantiknya seluruh anggota terpilih DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi, Pusat dan DPD RI serta Presiden dan Wakil Presiden.

“Semua ini merupakan hasil kerja keras kita bersama (para stake holder, unsur forkopimda dan pemerintah daerah) dalam mendukung kinerja para penyelenggara di semua tingkatan, sehingga Pemilu bisa sukses,” katanya.(ant/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here