Tes Tertulis Panwascam Pakai Sistem Online

0
446
Ketua Bawaslu Ternate Kifli Sahlan

HARIANHALMAHERA.COM–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ternate, mulai kemarin, resmi mengumumkan
jadwal rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dalam rangka persiapan Pilwako nanti.

Ketua Bawaslu Ternate, Kifli Sahlan mengatakan, dalam seleksi Panwascam kali ini ada beberapa perubahan salah staunya metode dalam tes. “Jadi tes kali ini ada perubahan pola, untuk tes tertulis dilakukan secara online,” katanya.

Dikatakan, pembentukan Panwascam ini dilakukan melalui proses penjaringan dan penyaringan secara terbuka mulai dari pemilihan hingga penetapan.

Sementara, syarat menjadi Panwascam berusia paling rendah 25 tahun, tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari anggota partai politik sedikitnya lima tahun pada saat mendaftar.

Selain itu, calon anggota Panwascam juga tidak pernah menjadi tim kampanye salah satu pasangan calon (Paslon) di momentum politik sebelumnya sekurang-kurangnya dalam jangka lima tahun.

“Calon anggota Panwascam juga harus bersedia mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan
pemerintahan atau BUMD selama masa keanggotaan apabila terpilih,” tegasnya.

Bawaslu kata dia akan menjaring calon anggota Panwascam yang memiliki integritas yang kuat.
“Lembaga pengawasan pemilu ini membutuhkan orang-orang yang tidak mudah goyah ketika dirayu, karena menjadi pengawas pemilu itu bukan orang-orang yang partisan, harus memiliki integritas,” katanya.

Badan Ad Hoc yang akan dibentuk ini di tujuh Kecamatan dengan masing-masing kecamatan dipilih sebanyak tiga orang. Untuk Kecamatan baru yakni Ternate Barat, Bawaslu masih menunggu kepastian dari KPUD Ternate. “Karena agregat data kependudukan di Ternate Barat
itu masih melekat di Ternate Pulau,” jelasnya.(pn/lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here