Dukung Ketahanan Pangan, Koramil-Distan Morotai Tanam Jagung

1
550
Koramil 1508-05/Daruba bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Pulau Morotai melaksanakan penanaman jagung jenis Hibrida JH 37 di Desa Totodoku, Morotai Selatan. Foto: Istimewa

HARIANHALMAHERA.COM – Mendukung  program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan di wilayah teritorial Kodim 1508/Tobelo, Sabtu (11/6), Koramil 1508-05/Daruba bekerjasama dengan Dinas Pertanian (Distan) Pemkab Pulau Morotai, melakukan penanaman jagung jenis Hibrida JH 37, di Desa Totodoku, Morotai Selatan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pulau Morotai, Moh Kharie, dalam sambutannya mengatakan, sebagian penduduk Morotai memiliki mata pencarian sebagai petani.

Sehingga, untuk pengganti sumber daya alam, khususnya lahan yang cukup subur ini, sangat efektif untuk ditanami berbagi jenis komoditi pertanian. Salah satunya adalah tanaman jagung.

“Karena itu atas nama pemerintah daerah menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Danramil 1508-05/Daruba, yang telah mensponsori penanaman jagung serentak di Kecamatan Morotai Selatan, khususnya di Desa Totodoku ini,” katanya.

Kedepan, kata Kharie, wilayah Morotai dapat dijadikan lumbung jagung, tentu pemda juga berkewajiban memotivasi dan memfasilitasi program ini, terutama menyediakan pemasaran hasil panen.

“Sekali lagi kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Danramil 1508-05/Daruba beserta jajarannya, yang telah bersama masyarakat dan komponen terkait yaitu camat, Kapolsek Morotai Selatan yang sudah sama-sama melakukan penanaman jagung pagi tadi bersama masyarakat Desa Totodoku,” ujarnya.

Sementara Danramil 1508-05/Daruba Mayor Inf I Putu Artana Jaya, mengatakan, penanaman jagung ini merupakan program untuk mengantisipasi kekurangan pangan di tengah Pandemi Covid-19, yang dikhawatirkan berdampak pada ketersediaan sembako.

“Kegiatan ini juga terealisasi atas kerjasama TNI dengan pemda dalam mendukung ketahanan pangan, dan juga sebagai rasa kepedulian TNI pada para petani,” tuturnya.

Kedepan, lanjut dia, personel Koramil 1508-05/Daruba terutama para Babinsa, akan mendampingi petani proses pengolahan lahan, tanam bibit, pemeliharaan sampai tiba masa panen jagung, yang diperkirakan pada Oktober mendatang.

Perwakilan kelompok tani Desa Totodoku, Supardi Abdullah, menyatakan, mereka yang tergabung dalam kelompok tani mengucapkan banyak terimakasih pada Danramil dan anggota Babinsa, sehingga penanaman jagung dapat berjalan dengan lancar.

“Semoga dengan penanaman jagung ini, beberapa bulan kemudian bisa mendapatkan hasil yang sesuai kita inginkan bersama,” ucapnya.(WYU/Kho)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here