STQ Nasional Adalah Harapan Besar Malut

0
61
Dirjen Bimas Isllam Komarudin Amin bersama Gubernur Abdul Ghani Kasuba (AGK) memukul tifa tanda dilauncingnya logo, website dan even STq XXVI yang berlangsung di Kantor Gubernur Malut di Sofifi kemarin (28/6)

HARIANHALMAHERA.COM–Pemprov Malut kembali membuktikan kesiapannya dalam menyelenggarakan seleksi tilwatil quran (STQ) ke XXVI yang akan dimulai 16 Oktober mendatang di Sofifi lewat dilauchingnya logo, website serta Event STQ Tingkat Nasional tahun 2021 bersama Kementerian Agama (Kemenag) RI kemarin.

Launching yang dipusatkan di Aula Nuku Kantor Gubernur Sofifi yang dihadiri Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Kamaruddin Amin mewakili Menag Yaqut Cholil Qoumas itu ditandai dengan pemukulan Tifa dan disaksikan secara virtual dan tatap muka secara terbatas, dengan protokol kesehatan ketat

Kamarudin mengatakan STQ kali ini mengambil tema “Melalui STQ Nasional, Kita Tingkatkan Pemahaman dan Pengamalan Nilai–Nilai Al-Qur’an untuk Mewujudkan Generasi Milenial Qur’ani yang Unggul menuju Indonesia Hebat dan Maju”

Tema ini memiliki makna bahwa tujuan penyelenggaraan STQ Nasional XXVI Tahun 2021 tidak hanya untuk mencari juara pada setiap cabang dan golongan yang diperlombakan. “Lebih dari itu, penyelenggaraan STQ Nasional XXVI Tahun 2021 diharapkan mampu membentuk manusia yang mampu mengimplementasikan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Sementara itu, Wagub M Al Yasin Ali saat membacakan sambutan gubernur Abdul Ghani Kasuba (AGK) mengatakan penyelenggaraan STQ ditujukan untuk mencari bibit unggul yang akan menjadi perwakilan Indonesia pada gelaran tilawatil tingkat internasional.  “Tujuan utama diselenggarakannya STQ ini untuk menumbuhkembangkan pemahaman dan pengalaman membaca isi kandungan Alquran,” katanya.

Pelaksanaan STQ Nasional di Sofifi ini, bagi Maluku Utara adalah sebuah harapan terbesar. Olehnya itu, pemerintah akan siap menyukseskan hajatan nasional tersebut.

Sekedar diketahui, launching logo, website dan even STQ yang disaksikan langsung Gubernur AGK bersama ketua tim penggerak PKK Malut Hj Faunia Jauhar Kasuba ini, dihadiri perwakilan dari 19 Provinsi secara tatap muka, Kanwil Kemenag se-Indonesia, Ketua-ketua LPTQ se-Indonesia dan disaksikan secara vitual oleh 15 provinsi.

Direktur Penerangan Agama Islam Ditjen Bimas Islam Syamsul Bahri menambahkan ada empat lomba dalam STQ Nasional 2021, yakni Seni Baca Al-Qur’an, Hafalan Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, dan Musabaqah Al-Hadits. “Masing-masing cabang, ada golongan putera dan puteri,” jelasnya. (adv/lfa/pur)

 

 

Cabang lomba STQ Nasional 2021 di Malut:

 

Cabang Seni Baca Al-Qur’an;

  1. Golongan Anak-anak (Putra dan putri);
  2. Golongan Dewasa (Putra dan putri);

 

Cabang Hafalan Al Qur’an;

  1. Golongan 1 Juz dan Tilawah (Putra dan putri);
  2. Golongan 5 Juz dan Tilawah (Putra dan putri);
  3. Golongan 10 Juz (Putra dan putri)
  4. Golongan 20 Juz (Putra dan putri)
  5. Golongan 30 Juz (Putra dan putri)

 

Cabang Tafsir Al-Qur’an;

Golongan Tafsir Bahasa Arab (Putra dan putri);

 

Cabang Musabaqah Al-Hadits;

  1. Golongan Hafalan 100 Hadits dengan Sanad (Putra dan putri);
  2. Golongan Hafalan 500 Hadits tanpa Sanad (Putra dan putri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here