HalutMaluku Utara

Bawaslu Halut ‘Gelisah’, Anggaran Pilkada 2024 Tak Kunjung Cair

×

Bawaslu Halut ‘Gelisah’, Anggaran Pilkada 2024 Tak Kunjung Cair

Sebarkan artikel ini
Ketua komisioner Bawaslu Halut, Ahmad Idris

HARIANHALMAHERA.COM– Bawaslu Halut kembali berharap Pemkab Halut maupun Pemprov Malut untuk secepat mungkin melakukan pencairan anggaran Pilkada Serentak 2024. Pasalnya, tahapan Pilkada sendiri sudah berjalan akan tetapi anggarannya belum cair capai 40 persen sebagaimana kesepakatan.

Ketua Bawaslu Halut, Ahmad Idris, mengatakan, pihaknya sangat siap melaksanakan tahapan Pilkada 2024, namun soal kelancarannya belum dijamin lantaran tidak didukung dengan anggaran yang sampai saat ini belum cair capai 40 persen. “Yang pasti kita Bawaslu sudah sangat siap melaksanakan tahapan pengawasan untuk Pilkada 2024, tahapan Pilkada sekarang ini sudah jalan otomatis kerja-kerja kami juga jalan untuk melakukan pengawasan,”katanya, Senin (3/6).

Pada pelaksanaan tahapan awal yakni pembentukan Panwascam hingga PKD se-Kabupaten Halut, pemkab Halut telah berikan anggaran sebesar Rp 1 miliar, namun anggaran itu tidak cukup untuk pembiayaan sekretariat Panwascam, PKD maupun kebutuhan di Bawaslu Halut sendiri. “Sekretariat kita kan sudah pasti membutuhkan anggaran, jika dengan anggaran sebesar 1 miliar yang disalurkan maka ini belum cukup,”ujarnya.

Anggaran Pilkada 2024 sendiri menurutnya, sebagaimana dalam penandatanganan NPHD Pemda Halut tercatat sebesar Rp 14 miliar yang pencairannya berlangsung dua tahap, dimana tahap I 40 persen kemudian tahap berikut 60 persen. “Namun Pemda Halut dalam memberikan anggaran tahap awal belum sampai 40 persen,”ungkapnya.(sal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *