HalutMaluku Utara

Terapkan Kaidah Pertambangan yang Baik, Tambang Emas Milik Haji Robert Sabet 3 Penghargaan GMP Award 2024

×

Terapkan Kaidah Pertambangan yang Baik, Tambang Emas Milik Haji Robert Sabet 3 Penghargaan GMP Award 2024

Sebarkan artikel ini
NHM sabet tiga penghargaan GMP 2024

HARIANHALMAHERA.COM– PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) dibawah kepemimpinan Haji Robert Nitiyudo Wachjo berhasil meraih 3 penghargaan di malam puncak penganugerahan Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik/Good Mining Practices (GMP) Award 2024, yang dihelat Rabu (25/09) di Hotel Bidakara Jakarta. Tiga penghargaan tersebut yakni Penghargaan Utama untuk Aspek Pengelolaan Teknis Pertambangan, Penghargaan Utama untuk Aspek Pengelolaan Konservasi Mineral, dan Pratama untuk Aspek Keselamatan Pertambangan.

Manajer GMP NHM, Arifin Amiruddin, didampingi 3 tim GMP lainnya, Ahmad Jamil, Amin Bahrun dan Iksan hadir langsung untuk menerima penghargaan ini. Kegiatan yang diusung oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ini juga dihadiri langsung oleh Menteri ESDM, Bahlil Lahadalia, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Tri Winarto, jajaran Direksi dan perwakilan Perusahaan-perusahaan tambang seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Bahlil menekankan penguatan penerapan prinsip-prinsip Environment, Social, dan Governance (ESG) pertambangan Minerba untuk keberlanjutan usaha dan meningkatkan daya saing. Ia juga mengharapkan Perusahaan tambang lebih peka pada pengelolaan lingkungan hidup yang merupakan salah satu aspek fundamental dalam masa transisi energi dan ramah lingkungan.

Sementara itu, Tri Winarno menyampaikan penghargaan GMP bertujuan memberikan apresiasi kepada perusahaan pertambangan pemegang KK, PKP2B, IUP, IUPK maupun perusahaan jasa pertambangan pemegang IUJP yang berprestasi dalam menerapkan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik. Penghargaan ini menjadi parameter keberhasilan bagi pemerintah dalam pembinaan aspek teknis pertambangan.

Arifin Amiruddin mewakili Manajemen NHM menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian yang diperoleh NHM tahun ini. “Kami sangat bersyukur dengan hasil ini. Semua tim telah bekerja keras untuk meraih yang terbaik dalam menerapkan Kaidah Pertambangan yang Baik. Pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM selaku ‘wasit dan juri’ sudah memberikan putusan penilaian mereka dan sangat kami hargai.

“Saya juga ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dedikasi tim GMP NHM dan kontribusi semua departemen di NHM yang begitu kompak melalui proses administrasi, verifikasi hingga penilaian lapangan dengan segala keterbatasan di internal. Terima kasih juga atas perhatian luar biasa Manajemen dan Kepala Teknik Tambang NHM yang membuat kami bisa meraih pencapaian ini,” tambah Arifin.

Arifin menyampaikan ke depannya tim GMP NHM akan melanjutkan metode-metode yang telah diterapkan tahun lalu. Akan ada Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk setiap aspek yang mana biasanya menghadirkan para inspektur tambang ke Gosowong. Selain itu tentunya akan dilaksanakan evaluasi mendetail untuk Aspek Pengelolaan Lingkungan dan mulai berbenah di Aspek Standardisasi dan Usaha Jasa yang tahun ini belum berhasil digapai.(nhm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *