Pemdes Nursifa Dorong Industri Perikanan Berbasis Desa

0
221
Ilustrasi : Pabrik Es Batu (Foto : Istimewa)

HARIANHALMAHERA.COM–Perikanan menjadi sektor andalan warga Desa (Pemdes) Nursifa Kecamatan Patani Timur. Karena itu, Pemdes setempat akan dorong industri perikanan berbasis Desa.

Untuk mendorong kebijakan tersebut, Pemdes pun telah melakukan pengadaan satu unit cold store yang mampu memproduksi sekitar 100 buah es batu berukuran 3 kg dalam 4 jam di APBDEs.

“Dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan nelayan, sebab yang menjadi kendala nelayan selama ini adalah penyediaan es batu, karena untuk membuat ikan lebih awat harus ada alat tersebut,” kata Latif, Kades Nursifa, Latif Jafar

Industry perikanan berbasis desa yang akan dimotori BUMDes ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan nelayan dan memberi pemasukan bagi desa.

“BUMDes nanti bukan hanya menjual ikan segar, tetapi juga ada sub unit usaha yang khusus menangani pengelolaan dan penjualan es batu bagi nelayan. Baik di Desa Nursifa sendiri maupun di desa tetangga,” katanya.

Latif mengatakan, dari analisa usaha yang dibuat, untuk penjualan es batu nelayan saja, bisa mendapatkan omzet sebesar Rp 24 juta per bulan. “Belum lagi nanti hasil penjualan ikan segar dari Depot Ikan BUMDes,”pungkasnya. (tr1/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here