DAK Melimpah, Tapi PAD Tak Capai Target

0
499
Ritual sigofi ngolo dalam rangka pergelaran FTJ ke 11 beberapa waktu lalu

HARIANHALMAHERA.COM–Sudah tiga tahun berturut-turut sejak 2018 Festival Teluk Jailolo (FTJ) masuk dalam 100 Calender Of Event Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI. Dan tahun ini, selain FTJ ada juga Festival Morotai dan Festival Tidore.

Kadis Pariwisata (Kadisar) Halbar mengatakan mausknya FTJ dalam 100 kalender  Kemenpar tentu bedasarkan penilaian dari Kemenpar RI, baik itu melalui korator budaya, IT dan desainer,bahkan, pakar ekonomi dan budaya.

“Atas dorongan ini juga Pemkab Halbar mendapat kucuran DAK selama 4 jika di totalkan mencapai Rp 19 miliar lebih,”terangnya.

Namun begitu, diakui selama ini target pencapaian PAD oleh Dispar memang tidak sampai. Dia beralasan kondisi ini dikarenakan ada sebagian objek PAD yang tidak dikelola langsung Dispar, seperti pajak restoran dan penginapan/hotel,

Dia pajak itu dipungut Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD). “Ini juga berdasarkan Perda nomor 11 tahun 2011 tentang  pajak hotel dan perda nomor 16 tahun 2011 tentang pajak restoran masih melekat pada bagian keuangan. Untuk itu, akan dikaji kembali agar dapat terhitung sebagai pendapatan Dinas Pariwisata,” pungkasnya.(tr4/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here