Jubir: JUJUR Menang, Jangan Coba – coba Curang

0
286
ILUSTRASI Pilkada

HARIANHALMAHERA.COM–Ketua tim pemenang pasangan calon nomor urut 02, James Uang – Jufri Muhammad (JUJUR), Rustam Fabanyo, meminta Bawaslu Halmahera Barat (Halbar) memperketat pengawasan.

Terutama tahapan pelaksanaan pleno rekapitulasi, baik di tingkat PPK yang saat ini sementara berjalan maupun di tingkat kabupaten.

Sebab beredar informasi, salah satu paslon disinyalir mengamankan PPK untuk memanfaatkan ribuan sisa surat suara, serta mengganti berita acara dan Form C1 Plano, sekaligus akan membayar saksi paslon agar JUJUR memenangkan Pilkada.

“Kami mengutuk keras perbuatan tercela seperti itu. Pemimpin yang tidak jujur mengakui kekalahan seperti itu, tidak pantas diberi kesempatan memimpin daerah ini,” ujar Rustam, Jumat (11/12) kemarin.

Rustam menegaskan, seorang pemimpin harus menunjukkan kejujuran dalam berpolitik dan bersikap dewasa dengan mengakui kekalahan diri dan kemenangan orang lain.

“Tapi jika bersikap sebaliknya, berambisi memenangi pemilu dengan cara kotor dan curang setelah penghitungan suara, maka ini ciri pemimpin yang bakal membawa bencana dan malapetaka di negeri yang kita cintai ini,” bebernya.

Menurut dia, pemimpin seperti itu layak disyukuri bila kalah dalam pemilu. Karena apabila tidak jujur mengakui kemenangan paslon lain, maka sudah pasti akan menghiyanati rakyatnya sendiri saat memimpin nanti.

Rustam juga mengingatkan PPK agar tidak mudah terperdaya dan dibodohi dengan iming-iming pemberian uang, yang bisa terseret ke pihak berwajib.

“Saya juga ingatkan seluruh saksi JUJUR agar tetap solid. Saat ini kita telah menang. Jangan mau dibohohi dengan rayuan uang. Hanya orang bodoh yang tahu paslonnya menang, tapi ingin berghianat. Kami percaya, saksi JUJUR tidak sebodoh itu,” tambahnya.

Ia menambahkan, berdasarkan data perolehan suara yang dikantongi tim pemenangan JUJUR melalui form C1 hingga form C.Hasil KWK, partisipasi pemilih di atas 66.624 jiwa dari total DPT 78.662 jiwa.

Masing-masing paslon memperoleh suara, diantaranya paslon nomor urut 01 JUJUR sebanyak 22.615 suara atau 33,94 persen. Paslon nomor urut 02 DAMAI sebanyak 21.002 suara atau 31,52 persen.

Kemudian paslon nomor urut 03 Zaman-Pay dengan 12.832 suara atau 19, 26 persen. Dan paslon nomor urut 04 DESAIN sebanyak 10.175 suara atau 15,27 persen.

“Itu artinya publik Halmahera Barat mengetahui data kemenangan JUJUR, sehingga kami ingatkan, jangan coba-coba curang. Dan hasil ini juga sama persis dengan hasil pleno rekapitulasi tingkat PPK, dari 8 kecamatan, sekitar 6 yang sudah selesai pleno rekapitulasi,” tutupnya. (tr-4/kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here