Kembangkan KIM, Diskominfo Halbar Bakal Luncurkan Aplikasi “GASA INO”

0
114
Kepala Diskominfo Halbar, Sahmi Salim

HARIANHALMAHERA.COM– Dinas Kominfo Statistik dan Persandian (Diskominfo) Pemkab Halmahera Barat dalam waktu dekat bakal luncurkan aplikasi Gasa Ino. Sebuah aplikasi berbasis digital ini bakal menjadi media informasi dan pelaporan dari Kelompok Informasi Masyakarat (KIM) “Gasa Ino” kepada Pemerintah Daerah dan dari Pemda ke masyarakat melalui KIM.

Kepala Diskominfo Halbar, Sahmi Salim, mengatakan, era saat ini tidak terlepas dari digitalisasi, artinya hampir semua sector kehidupan menggunakan pola kerja digital dan itu menjadi sebuah kebutuhan sehingga itu Pemkab Halbar juga bertekad untuk kembangkan sector yang ada dengan terintegrasi pada digital.

“Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Gerakan Sadar Informasi atau yang di akronim dengan “Gasa Ino” bentukan Diskominfo Halbar ini tersebar di 9 Kecamatan, dan mereka bakal dibekali sebuah aplikasi guna mendukung sistim informasi dan pelaporan serta mendukung kerja-kerja KIM di lapangan,”katanya, selasa (31/5).

Setelah terbentuknya KIM, menurut Sahmi, kerja KIM di lapangan belum berjalan maksimal, karena memiliki banyak keterbatasan termasuk dari sisi pemberdayaan, namun dirinya berkomitmen kedepan proses revitalisasi KIM Gasa Ino akan tetap dilakukan.

“Sebab selain merupakan hasil Proper PKN II (Pendidikan Kepemimpinan Nasional II) dari Kadis Kominfo sebelumnya (Chuzaemah Djauhar) yang nantinya akan dapat memberikan manfaat yang besar bagi penyediaan informasi bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat dan KIM tentu juga merupakan amanat dari UU Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP),”ujarnya.

Dalam waktu dekat, lanjut Sahmi, KIM Gasa Ino akan memiliki media informasi dan pelaporan permanen berbasis digital, yakni Aplikasi Gasa Ino. Gagasan ide pengembangan sistim kerja KIM melalui aplikasi Gasa Ino ini muncul, karena sistim informasi dan pelaporan KIM di desa dan Kecamatan harus benar benar efektif.

“Oleh karena itu kami berpikir harus ada pengembangan model informasi dan pelaporan dari kelompok informasi yang telah di bentuk tersebut, maka di desain aplikasi KIM “Gasa Ino” ini. Aplikasinya sedang kita siapkan dan dalam waktu dekat akan di launching penggunaannya bersamaan dengan launching platform Halbar Peduli Digital (Halbar Digital Care),”paparnya.

Sekadar diketahui, Halbar Peduli Digital (Halbar Digital Care) adalah sebuah desain perencanaan program dan kegiatan di Diskominfo yang di dalamnya meliputi beberapa kegiatan prioritas yang bertujuan menggencarkan literasi digital kepada masyarakat melalui kegiatan kegiatan yang mengarah pada pemanfaatan teknologi informasi.

Selain itu, platform ini bertujuan mendukung 7 rencana aksi dalam RPJMD Bupati dan Wakil Bupati khususnya Halbar Berdering dan Halbar Pintar.  Platform Halbar Peduli Digital (Halbar Digital Care) diataranya meliputi kegiatan, Pembagian Handphone android yang di lengkapi dengan aplikasi Belajar Mandiri kepada siswa-siswi SMA atau sederajat  yang berprestasi namun kurang mampu secara ekonomi, Sosialisasi Etika Penggunaan Medsos, Peluncuran aplikasi “gasa Ino” serta beberapa kegiatan prioritas lainnya.(par)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here