580 Nakes di Halteng Divaksin Tahap Pertama

0
98
Ribuan dosis Vaksin Sinovac yang tiba di Weda, Halteng. FOTO IWAN/HARIANHALMAHERA

HARIANHALMAHERA.COM – Satu per satu daerah di Maluku Utara (Malut) mulai menerima vaksin yang dikirim Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Malut, termasuk Halmahera Tengah (Halteng).
Vaksin Sinovac yang dikirim sebanyak 1.160 dosis itu tiba di Weda Rabu (27/1).

Vaksin tahap pertama ini nantinya akan disuntikkan kepada 580 tenaga kesehatan (nakes) dari total 802 nakes.

Vaksinasi sendiri akan berlangsung di 13 fsilitas kesehatan masing-masing 11 puskesmas, 1 RSUD, serta 1 klinik PT. IWIP.

Kadinkes Halteng Rijja Rajana menurutkan, setiap fakses akan ditempatkan lima personil yang terdiri dari dokter, perawat vaksinator dan tenaga administrasi. “Seluruh petugas kesehatan sudah dilatih oleh tim fasilitator dari pemerintah provinsi,” terang Rijja, Kamis (28/01)

Vaksinasi sendiri lanjut dia sesuai jadwal dari Dinkes Provinsi, dimulai Februari. “Namun, tanggalnya belum di ketahui dengan pasti,”ucap Rijja.

Teknis vaksinasi juga masih sementara dijadwalkan. Namun, penerima vaksin di setiap faskes ditargetkan sebanyak 20 orang. “Harapan dengan ketentuan target waktu yang diberikan, semua sudah bisa divaksinasi, dengan mengikuti tahapan skerening terlebih dahulu,” lanjut Rijja.

Terkait vaksinasi kepada karyawan PT IWIP, dia mengaku belum dijadwalkan, sebab saat ini masih fokus pada nakes termasuk petugas medis di klinik IWIP.

“Jadwal karyawan PT. IWIP masuk pada tahap ketiga, bersamaan dengan masyarakat umum. Dengan ketentuan yang sudah di tentukan pada syarat orang yang divaksin,” tutup Rijja.(tr1/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here