Berdayakan Poktan, Distan Halteng Salurkan Bibit Hortikultura

0
324
Kadis Pertanian Halteng, Yusmar Ohorella

HARIANHALMAHERA.COM– Pemkab Halmahera Tengah (Halteng) melalui Dinas Pertanian (Distan) terus memberikan motivasi terhadap masyarakat tani terutama para kelompok tani (Poktan) yang tersebar di wilayah Halteng untuk memanfaatkan lahan dengan budidaya rempah pertanian atau tanaman hortikultura.

Kali ini, pihaknya menyalurkan bantuan pertanian berupa bibit tanaman cabai dan tomah pada tiga poktan yang ada di Desa Masure Kecamatan Patani Timur sebagai upaya mendorong peningkatan ekonomi wilayah tersebut termasuk pendapatan para petani.

Kepala Distan Halteng, Yusmar Ohorela, mengatakan, penyaluran bantuan bibit pertanian ini adalah cita-cita Bupati dan Wakil Bupati Halteng untuk pengembangan ekonomi masyarakat di bidang pertanian.

“perhatian pemda Halteng di bidang pertanian ini juga bagian dari upaya peningkatan pendapatan petani di seluruh wilayah Halteng,”katanya, kamis (3/1).

Komitmen pengembangan pertanian ini menurutnya, tidak sebatas memberikan motivasi dengan lisan, namun atas dasar keinginan Bupati dan Wakil Bupati tersebut Distan sebagai organisasi perangkat daerah (OPD) yang memiliki tugas dan fungsi dibidang pertanian, tentu bertanggung jawab untuk merealisasi apa yang menjadi cita cita pimpinan daerah.

“Bantuan bibit tanaham hortikultura ini diberikan dengan harapan semoga dimanfaatkan dengan baik hingga panen,”imbuhnya.

Selain penyaluran bantuan bibit lanjutnya, Distan juga memberi pendampingan dan penyuluh pertanian demi tercapainya kemakmuran petani.

“ada petugas penyuluhan kami yang bertugas di Desa. Mereka turut membantu dari mulai persiapan lahan, olah lahan, semai bibit, tanam. Olehnya itu, saya mengajak kepada seluruh kelompok tani yang berada di Halmahera Tengah, agar mari memanfaatkan lahan pertanian untuk kegiatan pertanian hususnya tanaman sayuran,”ujarnya.

Soal upaya mendorong kesejahteraan petani disebut Kepala Distan Halteng, Bupati Elang dan Wabup A. Odeyani telah meminta Distan untuk lobi kerja sama dengan sejumlah perusahan pertambangan di Halteng untuk dapat membeli hasil panen rempah-rempah pertanian local.

“Sesuai perintah Bupati kepada Dinas Pertanian bahwa harus bangun kerjasama dengan PT. IWIP, dimana hasil panen tanaman hortikultura petani dapat disuplay ke perusahan sebagai kebutuhan hidup karyawan sehari-hari,”tuturnya. (tr-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here