BPBD Imbau Waspada Bencana Alam

0
365
Kepala BPBD Halut, Abner Manery

HARIANHALMAHERA.COM–Musibah bencana alam berupa longsor dan banjir bandang yang menimpa wilayah Halmahera Utara (Halut) beberapa hari lalu, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Halut ambil sikap.

Pihaknya pun mulai turun menyampaikan imbauan waspada bencana tersebut dari desa ke desa sekaligus berencana membangun posko siaga di sejumlah titik.

Kepala BPBD Halut, Abner Manery, mengatakan langkah itu diambil menyusul adanya bencana yang terjadi di sejumlah tempat dan akan tetap mengacu pada informasi dari BMKG, bahwa saat ini telah berlangsungnya cuaca ekstrim.

”Selain dibuat posko, mulai besok (hari ini, red) kami dari BPBD akan turun buat pengumuman dan sebaran mengimbau ke desa,” katanya, Senin (10/8).

Imbauan tersebut, kata dia, sebagai upaya mengingatkan masyarakat agar selalu waspada beraktivitas, baik di laut maupun darat. “Tujuan dibuat posko siaga bencana untuk siap – siaga. Jadi ketika ada bencana, langsung turun ke lapangan. Termasuk menerima pengaduan dan lainnya,” ujarnya.

Untuk logistik serta fasilitas evakuasi korban bencana, menurut dia, selalu disiapkan sehingga dalam penanganan lapangan berlangsung mudah. Setidaknya, pertolongan pertama terhadap korban bencana.

”Kami juga koordinasi dengan seluruh pemerintah desa, untuk selalu intens komunikasi apabila terjadi bencana di desa,” tuturnya. (dit/Kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here